Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/903
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWidiasari, Widiasari-
dc.contributor.authorHandiyani, Hanny-
dc.contributor.authorNovieastari, Enie-
dc.date.accessioned2022-02-09T02:19:18Z-
dc.date.available2022-02-09T02:19:18Z-
dc.date.issued2019-03-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/903-
dc.description.abstractKEPUASAN PASIEN TERHADAP PENERAPAN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT Widiasari1*, Hanny Handiyani2 , Enie Novieastari2 1. Persahabatan Hospital, Jakarta 13230, Indonesia 2. Faculty of Nursing Universitas Indonesia, Depok 16424, Indonesia *E-mail: widiasarisolichin17@gmail.com Abstrak Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Indonesia mayoritas masih kurang puas. Penyebab ketidakpuasan pasien diantaranya faktor kesalahan identifikasi, komunikasi, pemberian obat, dan risiko jatuh. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan penerapan keselamatan pasien dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit X. Desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional dengan menyebarkan kuesioner kepada 143 pasien. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan cara menetapkan jumlah sampel yang memenuhi kriteria inklusi, kemudian diberikan kuesioner hingga terpenuhi jumlah sample, dan melakukan penelitian pada setiap sampel yang terpilih. Data dianalisis menggunakan independent t-test dan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan penerapan keselamatan pasien dengan kepuasan pasien (p= 0,001; OR=1,216; α= 0,05). Karakteristik pasien berupa umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan kelas rawat tidak berhubungan dengan kepuasan pasien (p= 0,331; 0,818; 0,949; 1,000; dan 0,382; α= 0,05). Hasil penelitian juga didapatkan bahwa penerapan aspek keselamatan pasien berupa reassessment pasien risiko jatuh dan dimensi kehandalan (memberi petunjuk, memberi penjelasan) ketika akan melakukan tindakan keperawatan masih belum optimal sehingga menjadi saran untuk ditingkatkan agar kepuasan pasien di rumah sakit X semakin meningkat. Kata kunci: kepuasan pasien, keselamatan pasien, penerapanen_US
dc.subjectkepuasan pasienen_US
dc.subjectkeselamatan pasienen_US
dc.subjectpenerapanen_US
dc.titleKEPUASAN PASIEN TERHADAP PENERAPAN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKITen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:6. Jurnal Keperawatan Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
43-52.pdf327.26 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.