Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/833
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSumartini, Sri-
dc.contributor.authorMaretha, Vinna-
dc.date.accessioned2022-02-08T02:13:17Z-
dc.date.available2022-02-08T02:13:17Z-
dc.date.issued2020-06-20-
dc.identifier.issn2477-3743-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/833-
dc.description.abstractABSTRAK Peer Education merupakan metode Implementasi dan evaluasi program pendidikan sebaya, hal ini juga sebagai upaya Instansi Pendidikan Menengah Atas dalam pencegahan terjadinya perilaku seksual berisiko tinggi (bebas) pada remaja. Program ini bertujuan agar kelompok remaja mendapatkan informasi yang sesuai tentang HIV/AIDS, mampu berdiskusi, memperbaiki sikap dan membentuk norma-norma yang tepat bagi kelompok sebaya, dan mendukung perkembangan seksual tahap remaja. Pendekatan pendidikan sebaya (peer education) sangat efektif sehingga komunikasi lebih mudah sehingga mampu mengubah sikap pada remaja untuk membantu upaya mencegah penyebaran HIV/AIDS. Penelitian yang telah dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui efektifitas peer education method dalam pencegahan HIV/AIDS terhadap pengetahuan dan sikap remaja. Metoda Penelitian menggunakan pre-experiment design melalui desain one shot case study. Populasi dalam penelitian merupakan siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Majalengka Kabupaten Majalengka sejumlah 691 siswa tekhnik pengambilan sampel adalah simple random sampling jumlah sampel yang didapatkan 88 orang responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas kemudian uji reliabilitas. Uji Statistik menggunakan Uji-T, Sehingga mendapatkan Hasil penelitian yaitu pengetahuan remaja pretest sebagian besar responden memiliki pengetahuan cukup dan postest sebagian besar responden pengetahuan tentang HIV/AIDS baik. Sikap remaja pada saat pretest sebagian besar memiliki sikap negatif dan postest sebagian besar memiliki sikap positif. Terdapat effektifitas peer education method dalam mencegah HIV/AIDS terhadap pengetahuan dan sikap remaja. Peer Education method merupakan suatu metode alternatif untuk menilai pengetahuan serta sikap remaja dalam Pencegahan penularan HIV/AIDS. Kata Kunci: Peer Education Method, Pengetahuan, Sikap, HIV/AIDSen_US
dc.subjectPeer Education Method,en_US
dc.subjectPengetahuan,en_US
dc.subjectSikap,en_US
dc.subjectHIV/AIDSen_US
dc.titleEfektifitas Peer Education Method Dalam Pencegahan HIV/AIDS Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remajaen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:5. Jurnal Pendidikan Keperawatan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
77-84.pdf674.92 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.