Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/808
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Permata Sari, Indah | - |
dc.contributor.author | Sundari, Sri | - |
dc.date.accessioned | 2022-02-07T07:19:18Z | - |
dc.date.available | 2022-02-07T07:19:18Z | - |
dc.date.issued | 2019-06-26 | - |
dc.identifier.issn | 2477-3743 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/808 | - |
dc.description.abstract | A B S T R A K Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan dampak positif dalam dunia pendidikan. Pendidikan keperawatan saat ini dituntut harus memiliki standar metode pembelajaran yang tepat supaya dapat diterima untuk peningkatan keterampilan klinis, pencapaian tujuan pembelajaran, merangsang minat belajar secara mandiri, dan membantu tenaga pengajar dalam mencapai efektifitas pembelajaran. Literature review ini bertujuan untuk melihat penerapan video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan klinis mahasiswa dalam pendidikan keperawatan. Metode yang digunakan dengan menganalisis beberapa tulisan artikel full text berbahasa inggris dengan rentang 2008-2018. Database yang digunakan adalah PubMed, Google Scholar, dan ScienceDirect, dengan kata kunci “learning video in nursing”, “teaching and learning for nursing”, “clinical skills in nursing”, dan “nurse education”. Artikel diseleksi menggunakan systematic review dengan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Metaanalyses) dan didapatkan sebanyak 25 artikel. Literature review menemukan 4 aspek penting penerapan video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan klinis mahasiswa diantaranya (1) meningkatkan efektifitas pembelajaran; (2) lebih efisien dibandingkan metode konvensional; (3) pola penerapan video yang tepat dapat menigkatkan keterampilan klinis mahasiswa; dan (4) kualitas atau durasi video yang baik akan mempengaruhi pemahaman dan ketrampilan. Pembahasan literature review ini berkaitan dengan video pembelajaran lebih efektif dalam mempresentasikan materi ajar dan mentranformasi ilmu kepada mahasiswa. Selain itu, penerapan video pembelajaran juga berdampak positif dalam meningkatnya aktivitas dan motivasi belajar mahasiswa terutama dalam peningkatan keterampilan klinis dalam pendidikan keperawatan. . Kata kunci: Keterampilan klinis, pendidikan keperawatan, Video pembelajaran | en_US |
dc.subject | Keterampilan klinis, | en_US |
dc.subject | pendidikan keperawatan, | en_US |
dc.subject | Video pembelajaran | en_US |
dc.title | Penerapan Video Pembelajaran dapat Meningkatkan Keterampilan Klinis dalam Pendidikan Keperawatan: A Literature Review | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | 5. Jurnal Pendidikan Keperawatan |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.