Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8045
Title: | Penggunaan Metode Hybrid e-Learning untuk Praktikum Imunologi Farmasi di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada |
Authors: | Ikawati, Muthi’ Hermawan, Adam Sahid, Muhammad Novrizal Abdi Kristina, Susi Ari Sasmito, Ediati |
Issue Date: | 2021 |
Publisher: | Jurnal Kefarmasian Indonesia |
Abstract: | Praktikum Imunologi Farmasi bertujuan memberikan bekal tentang aplikasi antigen, antibodi, dan teknik imunologi untuk kefarmasian, idealnya dapat dilakukan seluruhnya oleh masingmasing mahasiswa. Namun, pelaksanaannya memiliki keterbatasan waktu dan sarana/prasarana sehingga proses pembelajaran kurang efektif. Hybrid e-learning menggabungkan tatap muka dengan media daring menjadi inovasi yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Evaluasi penggunaan hybrid e-learning di kefarmasian masih sangat sedikit dilaporkan. Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan hybrid e-learning pada Praktikum Imunologi Farmasi di Fakultas Farmasi UGM. Materi belajar serta kuis dan diskusi daring masing-masing diunggahtautkan dan dilakukan menggunakan eLisa (elisa.ugm.ac.id), yang dikombinasikan dengan pelaksanaan praktikum di laboratorium. Dibandingkan dengan metode konvensional yang diterapkan pada mahasiswa tahun sebelumnya (n=207), rata-rata nilai responsi tidak berbeda; namun persentase mahasiswa yang memperoleh kisaran nilai 90100 lebih tinggi pada hybrid e-learning. Rata-rata nilai akhir praktikum pada hybrid e-learning adalah 81,43±10,70; sedangkan pada metode konvensional tahun sebelumnya adalah 80,22±5,22. Lebih dari 80% mahasiswa yang memberikan umpan balik (n=48) menyatakan kemudahan mengikuti proses pembelajaran dan puas akan kualitas materi pembelajaran daring. Disimpulkan bahwa metode hybrid e-learning berefek positif dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran Praktikum Imunologi Farmasi. Pengembangan platform daring yang lebih interaktif dibutuhkan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8045 |
ISSN: | 2085-675X |
Appears in Collections: | VOL 11 NO 1 2021 |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.