Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8045
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Ikawati, Muthi’ | - |
dc.contributor.author | Hermawan, Adam | - |
dc.contributor.author | Sahid, Muhammad Novrizal Abdi | - |
dc.contributor.author | Kristina, Susi Ari | - |
dc.contributor.author | Sasmito, Ediati | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-19T02:31:46Z | - |
dc.date.available | 2024-11-19T02:31:46Z | - |
dc.date.issued | 2021 | - |
dc.identifier.issn | 2085-675X | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8045 | - |
dc.description.abstract | Praktikum Imunologi Farmasi bertujuan memberikan bekal tentang aplikasi antigen, antibodi, dan teknik imunologi untuk kefarmasian, idealnya dapat dilakukan seluruhnya oleh masingmasing mahasiswa. Namun, pelaksanaannya memiliki keterbatasan waktu dan sarana/prasarana sehingga proses pembelajaran kurang efektif. Hybrid e-learning menggabungkan tatap muka dengan media daring menjadi inovasi yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Evaluasi penggunaan hybrid e-learning di kefarmasian masih sangat sedikit dilaporkan. Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan hybrid e-learning pada Praktikum Imunologi Farmasi di Fakultas Farmasi UGM. Materi belajar serta kuis dan diskusi daring masing-masing diunggahtautkan dan dilakukan menggunakan eLisa (elisa.ugm.ac.id), yang dikombinasikan dengan pelaksanaan praktikum di laboratorium. Dibandingkan dengan metode konvensional yang diterapkan pada mahasiswa tahun sebelumnya (n=207), rata-rata nilai responsi tidak berbeda; namun persentase mahasiswa yang memperoleh kisaran nilai 90100 lebih tinggi pada hybrid e-learning. Rata-rata nilai akhir praktikum pada hybrid e-learning adalah 81,43±10,70; sedangkan pada metode konvensional tahun sebelumnya adalah 80,22±5,22. Lebih dari 80% mahasiswa yang memberikan umpan balik (n=48) menyatakan kemudahan mengikuti proses pembelajaran dan puas akan kualitas materi pembelajaran daring. Disimpulkan bahwa metode hybrid e-learning berefek positif dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran Praktikum Imunologi Farmasi. Pengembangan platform daring yang lebih interaktif dibutuhkan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Jurnal Kefarmasian Indonesia | en_US |
dc.title | Penggunaan Metode Hybrid e-Learning untuk Praktikum Imunologi Farmasi di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | VOL 11 NO 1 2021 |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.