Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8045
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIkawati, Muthi’-
dc.contributor.authorHermawan, Adam-
dc.contributor.authorSahid, Muhammad Novrizal Abdi-
dc.contributor.authorKristina, Susi Ari-
dc.contributor.authorSasmito, Ediati-
dc.date.accessioned2024-11-19T02:31:46Z-
dc.date.available2024-11-19T02:31:46Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.issn2085-675X-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8045-
dc.description.abstractPraktikum Imunologi Farmasi bertujuan memberikan bekal tentang aplikasi antigen, antibodi, dan teknik imunologi untuk kefarmasian, idealnya dapat dilakukan seluruhnya oleh masingmasing mahasiswa. Namun, pelaksanaannya memiliki keterbatasan waktu dan sarana/prasarana sehingga proses pembelajaran kurang efektif. Hybrid e-learning menggabungkan tatap muka dengan media daring menjadi inovasi yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Evaluasi penggunaan hybrid e-learning di kefarmasian masih sangat sedikit dilaporkan. Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan hybrid e-learning pada Praktikum Imunologi Farmasi di Fakultas Farmasi UGM. Materi belajar serta kuis dan diskusi daring masing-masing diunggahtautkan dan dilakukan menggunakan eLisa (elisa.ugm.ac.id), yang dikombinasikan dengan pelaksanaan praktikum di laboratorium. Dibandingkan dengan metode konvensional yang diterapkan pada mahasiswa tahun sebelumnya (n=207), rata-rata nilai responsi tidak berbeda; namun persentase mahasiswa yang memperoleh kisaran nilai 90100 lebih tinggi pada hybrid e-learning. Rata-rata nilai akhir praktikum pada hybrid e-learning adalah 81,43±10,70; sedangkan pada metode konvensional tahun sebelumnya adalah 80,22±5,22. Lebih dari 80% mahasiswa yang memberikan umpan balik (n=48) menyatakan kemudahan mengikuti proses pembelajaran dan puas akan kualitas materi pembelajaran daring. Disimpulkan bahwa metode hybrid e-learning berefek positif dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran Praktikum Imunologi Farmasi. Pengembangan platform daring yang lebih interaktif dibutuhkan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Kefarmasian Indonesiaen_US
dc.titlePenggunaan Metode Hybrid e-Learning untuk Praktikum Imunologi Farmasi di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Madaen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:VOL 11 NO 1 2021

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
4.pdf459.2 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.