Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/793
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPatimah, Iin-
dc.contributor.authorMegawati, Sri Wulan-
dc.contributor.authorSuryawantie, Tanti-
dc.date.accessioned2022-02-07T04:19:14Z-
dc.date.available2022-02-07T04:19:14Z-
dc.date.issued2018-06-30-
dc.identifier.issn2477-3743-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/793-
dc.description.abstractA B S T R A K Komunikasi merupakan elemen vital dalam keperawatan, karena komunikasi yang baik dapat menunjang keberhasilan asuhan keperawatan sebaliknya komunikasi yang buruk dapat menimbulkan kesalahan medis yang berimbas pada injury bahkan kematian pada pasien. Kemampuan komunikasi perawat harus diasah sedini mungkin yaitu dimulai dari pendidikan tahap akademik. Metode pembelajaran Cooperative Learning merupakan metode pembelajaran yang terstruktur, sistematis yang dirancang oleh dosen/pengajar untuk memecahkan suatu masalah/kasus atau mengerjakan suatu tugas dilakukan pada kelompok kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu, dimana masing-masing anggota kelompok bertanggung jawab untuk mempelajari materi pembelajaran tertentu dan menjelaskan ke teman lainnya begitupun kelompok anggota lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas metode pembelajaran Cooperative Learning terhadap kemampuan komunikasi pada mahasiswa tingkat satu pada Program Studi S1 Keperawatan STIKes Karsa Husada Garut tahun 2016. Metode pembelajaran dilaksanakan dalam kurun waktu tujuh kali pertemuan masing-masing pertemuan selama 200 menit. Rancangan metode penelitian menggunakan quasi experiment with control group pre and posttest design dengan perhitungan total sampling selama periode Juni-Agustus 2016. Alat ukur yang digunakan yaitu ICCS (Interpersonal Communication Competence Scale) untuk mengukur kemampuan komunikasi mahasiswa sebelum dan sesudah mengikuti metode pembelajaran Cooperative Learning. Untuk selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai p value sebesar 0.571 (p value> 0.05) yang artinya H nol ditolak. Hal ini berarti menunjukan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan komunikasi antara kelompok perlakuan dan control. Disarankan dalam penelitian ini dlakukan dengan kurun waktu yang lebih panjang. Kata kunci: Cooperative Learning, Komunikasi, Kemampuan Komunikasi, Mahasiswa Perawaten_US
dc.subjectCooperative Learning,en_US
dc.subjectKomunikasi,en_US
dc.subjectKemampuan Komunikasi,en_US
dc.subjectMahasiswa Perawat.en_US
dc.titleEfektivitas Metode Pembelajaran Cooperative Learning terhadap Kemampuan Komunikasi pada Mahasiswaen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:5. Jurnal Pendidikan Keperawatan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
86-90.pdf565.91 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.