Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/791
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorShabarina, Adilla-
dc.contributor.authorSuzana Mediani, Henny-
dc.contributor.authorMardiah, Wiwi-
dc.date.accessioned2022-02-07T04:12:12Z-
dc.date.available2022-02-07T04:12:12Z-
dc.date.issued2018-06-30-
dc.identifier.issn2477-3743-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/791-
dc.description.abstractA B S T R A K Orang tua sebagai pendidik utama pada anak harus memberikan pola asuh yang terbaik untuk menunjang proses perkembangan anak. Fenomena yang terjadi saat ini adalah adanya kesenjangan dalam pola asuh yang diberikan oleh orang tua pada anaknya yang dititipkan di daycare, adanya interaksi anak dengan orang yang kurang akrab dan ada masalah komunikasi dua arah yang dapat meningkatkan gangguan perkembangan anak prasekolah serta kesibukan orang tua yang bekerja sehingga perkembangan anak tidak terpantau secara optimal dan memilih daycare sebagai pelengkap terhadap asuhan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua bekerja yang memiliki anak usia prasekolah yang dititipkan di daycare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden 36 orang (salah satu orang tua anak antara ayah atau ibu yang menitipkan anak di daycare). Penelitian ini menggunakan instrumen Pola Asuh Anak Pada Usia Prasekolah yang diadaptasi dari teori Maccoby dan Martin (1983) dan dikembangkan oleh Chadijah (2009). Instrumen ini terdiri dari 2 dimensi dengan 53 item pernyataan yang memiliki nilai validitas 0,768 dan nilai reliabilitas 0,793. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Data yang terkumpul dianalisa dengan hasil ukur kategorisasi sehingga didapatkan hasil bentuk pola asuh yang diterapkan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan bentuk pola asuh yang diterapkan oleh orang tua pada anak usia prasekolah di Growing Tree Daycare and Preschool dan Pusat Penitipan Anak (PUSPA) Sehat Universitas Padjadjaran adalah pola asuh authoritative (100%). Simpulan, pola asuh yang diberikan oleh orang tua sudah baik dan perlu dipertahankan karena pola asuh authoritative merupakan predictor dari bentuk pola asuh lainnya sehingga penerapan warmth dan control pada anak seimbang. Kata kunci: Balita, Daycare, Orang Tua Bekerja, Pola Asuh Orang Tuaen_US
dc.subjectBalita,en_US
dc.subjectDaycare,en_US
dc.subjectOrang Tua Bekerja,en_US
dc.subjectPola Asuh Orang Tuaen_US
dc.titlePola Asuh Orang Tua yang Menitipkan Anak Prasekolah di Daycare Kota Bandungen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:5. Jurnal Pendidikan Keperawatan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
68-76.pdf599.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.