Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6394
Title: Hubungan tangibles, realibility, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan pasien kemoterapi di Rumah Sakit X di Kabupaten Semarang
Authors: Purwitasari, Susi
Suryawati, Chriswardani
Purnami, Cahya Tri
Keywords: Rumah Sakit
Kualitas Pelayanan
Kemoterapi
Issue Date: Jun-2023
Publisher: Holistik Jurnal Kesehatan
Series/Report no.: ;277-284
Abstract: Pendahuluan: Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Kemoterapi adalah terapi kanker dengan menggunakan obat-obatan sitostatik yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui intra vena atau oral dengan terapi pemeliharaan yang cukup panjang dan periode terapi yang Intensif. Kualitas atau mutu layanan kesehatan dapat dilihat dari beberapa perspektif yaitu perspektif pemberi layanan kesehatan, perspektif penyandang dana, perspektif pemilik sarana layanan kesehatan dan perspektif pasien. Aspek tangibles dalam pelayanan merupakan aspek fisik yang dapat menunjang dalam pelayanan yang ada di Rumah Sakit dan Aspek empathy dalam pelayanan merupakan penilaian kualitas pelayanan yang dilihat dari empati karyawan dalam memberikan pelayanan. Tujuan: Untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan kemoterapi terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Ken Saras Ungaran. Metode: Kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap kemoterapi di Rumah Sakit Ken Saras Ungaran pada Februari sampai maret 2023 dengan jumlah pasien yang dirawat tercatat 135 pasien. Pengambilan sampel dengan teknik proposive sampling. Hasil: Variabel tangibles memiliki hubungan positif dengan nilai (r = 0.486, p < 0.000). Realibility memiliki hubungan positif dengan nilai (r = 0.460, p < 0.000). Responsiveness memiliki hubungan positif dengan (r = 0.492, p < 0.000). Assurance memiliki hubungan positif dengan nilai (r = 0.626, p < 0.000). Empathy memiliki hubungan positif dengan nilai (r = 0.548, p < 0.000). Simpulan: Adanya hubungan yang signifikan antara tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Ken Saras Ungaran.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6394
ISSN: 2620-7478
Appears in Collections:Vol 17 No 4 (2023)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
277-284.pdf277-284451.18 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.