Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/9844
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIAHAAN, IRMA APRILIA-
dc.date.accessioned2025-05-20T02:49:15Z-
dc.date.available2025-05-20T02:49:15Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/9844-
dc.description.abstractPengetahuan kesehatan reproduksi remaja merupakan komponen penting dalam mencapai hasil pembangunan nasional. Kurangnya pemahaman remaja tentang informasi kesehatan reproduksi menjadi penyebab timbulnya masalah-masalah kesehatan reproduksi pada remaja. Metode peer educator dapat menjadi salah satu metode edukasi yang dapat diterapkan dalam meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi remaja karena mereka merasa nyaman bertukar pikiran dengan teman seusianya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode peer educator terhadap pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja di SMA Negeri 6 Kota Padangsidimpuan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment dengan pendekatan one group pre-test post-test pada 30 murid. Analisa data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode peer educator terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode peer educator dalam peningkatan kesehatan reproduksi, sehingga metode ini dapat direkomendasikan dalam pendidikan kesehatan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Aufa Royhanen_US
dc.subjectPeer Educatoren_US
dc.subjectPengetahuanen_US
dc.subjectKesehatan Reproduksien_US
dc.subjectRemajaen_US
dc.titlePENGARUH METODE PEER EDUCATOR TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA DI SMA NEGERI 6 KOTA PADANGSIDIMPUAN TAHUN 2023en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:2023

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI - IRMA APRILIA SIAHAAN (19060026).pdf3.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.