Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6886
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFebryana Larasanty, Luh Putu-
dc.contributor.authorKrisna Adi Jay, Made-
dc.contributor.authorWidyani Astuti, Ketut-
dc.contributor.authorMartadi Santika, I Wayan-
dc.date.accessioned2024-10-28T07:53:08Z-
dc.date.available2024-10-28T07:53:08Z-
dc.date.issued2021-03-17-
dc.identifier.issn2443-2946-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6886-
dc.description.abstractABSTRAKImplementasi pelayanan kefarmasian oleh apoteker pada pusat kesehatan masyarakat diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 74 tahun 2016. Berdasarkan peraturan tersebut, evaluasi terhadap pelayanan kefarmasian sangat diperlukan untuk menjamin kualitas mutu pelayanan yang diberikan oleh apoteker. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuisioner Udayana yang dapat digunakan untuk mengevaluasi mutu pelayanan kefarmasian yang dilakukan oleh apoteker di pusat kesehatan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (survei) yang dilaksanakan dalam 2 tahap kegiatan. Tahap pertama adalah merancang kuisioner Udayana, kemudian dilanjutkan tahap kedua dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas kuisioner. Pernyataan dalam kuisioner dikembangkan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 74 tahun 2016 menghasilkan 31 butir pernyataan yang terbagi dalam 5 dimensi pelayanan. Uji validitas logis menghasilnya 30 butir pernyataan yang dinilai valid oleh penilai pakar. Uji validitas isi dilakukan dengan menghitung nilai content validity ratio (CVR) dan nilai content validity index (CVI). Hasil CVR dan CVI menunjukkan terdapat 7 pernyataan yang dieliminasi karena tidak valid (nilai CVR<0,99 dan CVI<70%). Uji validitas konstruk dan uji reliabilitas dilakukan pada 384 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Ujivaliditas kontruk menghasilkan 23 butir pernyataan yang valid (r = 0,148). Nilai Cronbach's Alpha untuk uji reliabilitas adalah lebih besar dari 0,6 yang mana menunjukkan bahwa seluruh pernyataan Udayana yang valid dinyatakan reliabel. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, terdapat 23 butir penyataan kuisioner Udayana yang dapat digunakan untuk evaluasi mutu pelayanan kefarmasian di pusat kesehatan masyarakat.Kata Kunci : apoteker; evaluasi mutu; kuisioner; pelayanan kefarmasian; pusat Kesehatan masyarakaten_US
dc.publisherUGMen_US
dc.subjectapoteker;en_US
dc.subjectevaluasi mutu;en_US
dc.subjectkuisioner;en_US
dc.subjectpelayanan kefarmasian;en_US
dc.subjectpusat Kesehatan masyarakaten_US
dc.titlePengembangan Kuisioner Udayana untuk Penilaian Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian oleh Apoteker di Pusat Kesehatan Masyarakaten_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Vol 11, No 1 Tahun 2021

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
62-72.pdf599.02 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.