Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6519
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSyah, Afni Yan-
dc.contributor.authorDelianti, Nosi-
dc.date.accessioned2024-09-26T05:00:25Z-
dc.date.available2024-09-26T05:00:25Z-
dc.date.issued2024-02-
dc.identifier.issn2620-7478-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6519-
dc.description.abstractPendahuluan: Mahasiswa merupakan individu yang sedang belajar di perguruan tinggi yang memiliki tugas dalam menyelesaikan studinya, dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, dan akan mengakhiri masa kuliahnya dengan menyusun karya tulis ilmiah (KTI) sebagai syarat kelulusan. Proses penyusunan KTI ini bukan hal yang sederhana bagi mahasiswa. Mahasiswa diharuskan untuk mandiri, kritis, menulis secara ilmiah, melakukan survei lapangan, dan menerapkan ilmu yang dipelajari selama proses perkuliahan. Mahasiswa merasa bahwa dari penyusunan KTI diluar kemampuannya, sehingga mereka mudah mengalami stres. Penanganan stres dapat dilakukan dengan terapi guided imagery yang merupakan metode relaksasi untuk mengkhayalkan tempat dan kejadian berhubungan dengan rasa relaksasi yang menyenangkan. Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas terapi guided imagery terhadap tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah. Metode: Menggunakan penelitian quasy eksperimen dengan pendekatan pretest dan postest control group design. Teknik pengambilan sampel dengan nonprobability sampling jenis purposive sampling sebanyak 68 responden dan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 34 partisipan kelompok eksperimen dan 34 kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir berupa Perceived Stress Scale (PSS-10). Uji statistik yang digunakan yaitu uji Paired Sample T-test. Hasil: Mendapatkan p-value = 0.000 (p<0.05) pada kelompok eksperimen yang berarti ada pengaruh terapi guided imagery terhadap tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah. Hal ini dapat dilihat dari penurunan tingkat stres rerata pada kelompok eksperimen 4.88 dan pada kelompok kontrol 0.23. Simpulan: Terapi guided imagery efektif terhadap tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan KTI. Saran: Dalam hal ini perlu adanya dukungan dari keluarga dan pihak kampus agar dapat mengatasi stres pada mahasiswa tingkat akhir secara tepat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherHolistik Jurnal Kesehatanen_US
dc.relation.ispartofseries;951-958-
dc.subjectGuided Imageryen_US
dc.subjectMahasiswaen_US
dc.subjectStresen_US
dc.titleEfektivitas terapi guided imagery terhadap tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan karya tulis ilmiahen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Vol 17 No 10 (2024)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
951-958.pdf951-958458.22 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.