Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6518
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLainsamputty, Ferdy-
dc.contributor.authorWuisang, Metty-
dc.date.accessioned2024-09-26T04:59:17Z-
dc.date.available2024-09-26T04:59:17Z-
dc.date.issued2024-02-
dc.identifier.issn2620-7478-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6518-
dc.description.abstractPendahuluan: Stres umum didapati pada mahasiswa keperawatan, khususnya yang berada di tahun terakhir. Apabila tidak tertangani dengan baik, dalam jangka panjang maka akan mengganggu kesehatan fisik dan proses pembelajaran klinik menjadi terhambat. Kondisi ini diperparah dengan keadaan pandemi yang meningkatan resiko mahasiswa tertular penyakit infeksius selama praktik klinik. Berbagai faktor juga berpotensi berhubungan dengan strategi koping mahasiswa keperawatan. Tujuan: Untuk menguji korelasi antara stres dan strategi koping mahasiswa keperawatan di masa pandemi Covid-19, beserta faktor-faktor yang berhubungan dengannya. Metode: Desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional digunakan dalam penelitian ini yang melibatkan 104 mahasiswa keperawatan. Alat ukur yang digunakan yaitu Depression Anxiety Stres Scale-42 (DASS-42) dan Coping Strategies Inventory-Short Form (CSI-SF). Uji statistik menggunakan Independent T-Test, One-way ANOVA, serta Korelasi Pearson. Hasil: Terdapat perbedaan skor rata-rata komponen strategi koping keterlibatan (t=-3.01; p=0.01) dan ketidakterlibatan (t=-0.26; p=0.01) berdasarkan penggunaan alat pelindung diri (APD). Ada perbedaan skor komponen strategi koping keterlibatan berdasarkan pengetahuan dan pencegahan tentang Covid-19 (t=-2.45; p=0.02). Ada korelasi yang signifikan antara umur dengan ketidakterlibatan (r=-0.32; p<0.01) dan ketidakterlibatan berfokus emosi (r=-0.41; p<0.001). Stres berkorelasi signifikan dengan komponen ketidakterlibatan berfokus emosi (r=0.33; p<0.01). Simpulan: Mahasiswa yang berusia lebih tua, pengguna APD memiliki pengetahuan dan pencegahan terkait Covid-19 yang cukup, serta mengalami stres yang lebih parah cenderung menggunakan strategi koping yang lebih baik. Saran: Mahasiswa agar dapat mengelola stres dan menggunakan strategi koping yang positif. Pengkajian terhadap kondisi psikologis mahasiswa dapat dipertimbangkan untuk terus dilakukan selama studi. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan intervensi terhadap penggunaan strategi koping yang tepat pada mahasiswa keperawatan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherHolistik Jurnal Kesehatanen_US
dc.relation.ispartofseries;939-950-
dc.subjectMahasiswa Keperawatanen_US
dc.subjectStrategi Kopingen_US
dc.subjectStres Subjektifen_US
dc.titleKorelasi stres subjektif dan strategi koping mahasiswa keperawatan di masa pandemi Covid-19en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Vol 17 No 10 (2024)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
939-950.pdf939-950672.19 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.