Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6476
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAzizah, Yuni-
dc.contributor.authorHaryati, Roro Tutik-
dc.date.accessioned2024-09-26T03:43:02Z-
dc.date.available2024-09-26T03:43:02Z-
dc.date.issued2024-01-
dc.identifier.issn2620-7478-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6476-
dc.description.abstractPendahuluan: Pelatihan keperawatan teknis kompetensi menjadi dasar upaya pengembangan kompetensi perawat yang mana dalam pelaksanaannya dapat dimodifikasi dengan metode blended learning atau sistem bauran. Sistem pembelajaran blended learning menggabungkan pembelajaran tatap muka dan online baik secara sinkronus maya maupun asinkronus maya. Dalam mengakomodir pembelajaran asinkronus maya salah satu teknologi pembelajaran yang dapat digunakan adalah Learning Management System (LMS) berbasis moodle. Tujuan: Untuk memberikan pandangan dan gambaran terhadap pemanfaatan Learning Management System pada pelatihan keperawatan dengan metode blended learning, menganalisa efektifitas pemanfaatan, faktor-faktor yang menghambat dan mendukung, ketepatan sasaran penggunaan, serta luaran yang dihasilkan dari pembelajaran berbasis LMS. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan literature review yaitu melakukan pengumpulan dan menganalisis literatur-literatur atau referensi penelitian terdahulu yang telah dipilih dari berbagai sumber hingga menjadi sebuah kesimpulan gagasan baru atau satu kompilasi ide baru. Proses pemilihan studi literatur berdasarkan oleh Preferred Reporting Items for Systematic Reviews (PRISMA-ScR). Literatur yang digunakan dalam studi ini adalah berbagai artikel yang membahas topik dengan tiga kategori kata kunci yakni learning management system (LMS); blended learning; dan nursing training. Penelusuran artikel melalui online database antara lain, Scopus, ProQuest Clinical Key, Ebscohost, dan Pubmed. Berdasarkan kata kunci tersebut diinput dengan menggunakan “and” dan “or” yang kemudian dilakukan penapisan untuk menghasilkan temuan literatur yang spesifik dengan mempersempit penetapan rentang tahun yaitu tahun 2018-2023. Hasil: Berdasarkan telaah 10 artikel, pemanfaatan LMS menghasilkan efek yang positif dalam pembelajaran bauran (blended learning) baik bagi pengajar, siswa atau peserta dengan persiapan dan media yang baik. Literatur internasional menunjukkan bahwa pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai salah satu moda pembelajaran asinkron dapat mengakomodir dan memberikan dampak yang positif dalam pengembangan pembelajaran blended learning. Dalam Pelaksanaannya juga pembelajaran blended learning dengan LMS yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran dalam penyelidikan model evaluasi elektronik ini yaitu bergantung kepada strategi pembelajaran yang digunakan oleh siswa itu sendiri, lingkungan tempat pembelajaran berlangsung, desain pengajaran yang dibawa oleh guru ke dalam kelas, dan perilaku belajar siswa. Simpulan: Learning Management System berbasis moodle menjadi salah satu alternatif bentuk pengembangan peningkatan kompetensi dalam praktik keperawatan yang efektif dan efisien. Dukungan modifikasi media pembelajaran yang interaktif dan kreatif dapat meningkatkan minat pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherHolistik Jurnal Kesehatanen_US
dc.relation.ispartofseries;795-806-
dc.subjectBlended Learningen_US
dc.subjectLearning Management System (LMS)en_US
dc.subjectPelatihan Keperawatanen_US
dc.titleImplementasi metode pembelajaran campuran berbasis sistem manajemen pembelajaran pada pelatihan keperawatan: A literature reviewen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Vol 17 No 9 (2024)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
795-806.pdf795-806653.49 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.