Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6415
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSaluy, Priscillia M.-
dc.contributor.authorLainsamputty, Ferdy-
dc.date.accessioned2024-09-25T14:12:58Z-
dc.date.available2024-09-25T14:12:58Z-
dc.date.issued2023-09-
dc.identifier.issn2620-7478-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6415-
dc.description.abstractPendahuluan: Masalah psikologis seperti stres sering ditemukan pada mahasiswa, terutama mahasiswa keperawatan yang memiliki intensitas kontak yang tinggi dengan pasien. Hal ini diperparah dengan keadaan pandemi Covid-19 yang menimbulkan ketakutan akan terinfeksi penyakit. Tujuan: Untuk mengidentifikasi hubungan antara faktor sosiodemografi, data terkait Covid-19, dan stres pada mahasiswa profesi ners di masa pandemi. Metode: Penelitian ini berdesain deskriptif korelasi dan cross-sectional yang melibatkan 105 sampel yang diseleksimenggunakan teknik purposive sampling. Kuesioner utama yang digunakan yaitu Depression Anxiety Stress Scale-42 (DASS-42), khususnyauntuk domain stres. Uji T tidak berpasangan, ANOVA satu arah, dan Korelasi Pearson digunakan dalam menguji hubungan antar variabel penelitian. Hasil: Ada perbedaan skor stres yang signifikan berdasarkan semester (t=1,02;p=0,02). Umur berkorelasi negatif dan signifikan dengan skor stres (r=-0,20; p=0,03). Simpulan: Responden yang berusia lebih muda dan berada di semester kedua menderita stres yang lebih parah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherHolistik Jurnal Kesehatanen_US
dc.relation.ispartofseries;422-430-
dc.subjectCovid-19en_US
dc.subjectDistres Psikologisen_US
dc.subjectMahasiswa Keperawatanen_US
dc.titleAnalisis distres psikologis mahasiswa keperawatan pada era pandemi Covid-19en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Vol 17 No 5 (2023)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
422-430.pdf422-430596.88 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.