Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6352
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarahap, Sarah Geltri-
dc.contributor.authorEllynia, Ellynia-
dc.contributor.authorWidjaja, Andrianto-
dc.date.accessioned2024-09-25T03:33:33Z-
dc.date.available2024-09-25T03:33:33Z-
dc.date.issued2023-04-
dc.identifier.issn2620-7478-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6352-
dc.description.abstractPendahuluan: Telehealth merupakan bentuk inovasi pelayanan kesehatan yang telah dimanfaatkan di masa pandemi Covid-19 dimana pengguna dapat menggunakan teknologi tersebut tanpa berkunjung ke rumah sakit untuk kesehatannya. Perkembangan pelayanan kesehatan ke arah digitalisasi sudah mulai berkembang di pelayanan kesehatan di Indonesia. Rumah sakit di Indonesia khususnya di Jabodetabek sudah banyak mengadopsi layanan telehealth. Tujuan: Untuk menganalisa faktor- faktor yang mempengaruhi intention masyarakat dalam menggunakan telehealth sehingga dapat mengembangkan inovasi telehealth dengan melihat dimensi technology dan user dimension. Metode: Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional menggunakan data primer. Analisis yang digunakan adalah univariate, uji chi square, uji regresi linear berganda. Hasil: Dari total 109 responden ditemukan bahwa faktor yang paling mempengaruhi intention masyarakat dari dimensi teknologi adalah dukungan social (p= 0.005) dan factor fasilitas sarana dan prasarana dengan (p=0.005) dimana dimensi teknologi diperoleh R square sebesar 0.917 sedangkan pada dimensi user, yang paling mempengaruhi intention masyarakat adalah persepsi kemanfaatan (p =0.005) dan persepsi kemudahan (p=0.005), dimana faktor user dimension memiliki R square 0.874. Simpulan: Terdapat hubungan perceived usefulness, perceived ease of use terhadap intention to use pada masyarakat dalam menggunakan platform telehealth pada masyarakat di Jabodetabek. Faktor perceived ease to use, perceived usefulness, social influence, dan facilitating condition adalah faktor yang paling mempengaruhi intention masyarakat dalam menggunakan telehealth di Jabodetabek. Saran: Faktor dimensi teknologi dan dimensi pengguna merupakan hal yang harus dipertimbangkan untuk mengembangkan teknologi telehealth di masa yang akan datang sehingga pasien semakin loyal menggunakan kembali aplikasi telehealth di masa digitalisasi kesehatan pasca pandemic Covid-19.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherHolistik Jurnal Kesehatanen_US
dc.relation.ispartofseries;102-113-
dc.subjectIntention Masyarakaten_US
dc.subjectTelehealthen_US
dc.subjectPandemien_US
dc.subjectCovid-19en_US
dc.titleAnalisa faktor-faktor yang mempengaruhi intention masyarakat menggunakan platform telehealth pasca pandemi Covid-19en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Vol 17 No 2 (2023)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
102-113.pdf102-113653.9 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.