Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6351
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorManyering, Glenn Gilang-
dc.contributor.authorWartiningsih, Minarni-
dc.contributor.authorMessakh, Billy Daniel-
dc.contributor.authorSilitonga, Hanna Tabita Hasianna-
dc.date.accessioned2024-09-25T03:31:52Z-
dc.date.available2024-09-25T03:31:52Z-
dc.date.issued2023-04-
dc.identifier.issn2620-7478-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6351-
dc.description.abstractPendahuluan: Kepuasan pasien rawat jalan sendiri ditentukan oleh berbagai indikator, salah satunya adalah waktu tunggu pelayanan. Berdasarkan data RSUD dr. Mohammad Soewandhie Surabaya pada tahun 2021 menunjukkan bahwa waktu tunggu pelayanan adalah 104 menit sehingga waktu tunggu pelayanan masih diatas standar Kementerian Kesehatan Indonesia. Tujuan: Mengetahui korelasi waktu tunggu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien BPJS di poli bedah umum instalasi rawat jalan RSUD dr. Mohammad Soewandhie Surabaya. Metode: Kuantitatif dengan observasional analitik. Data dikerjakan dengan observasi dan pemberian kuesioner kepada responden. Sampel penelitian berjumlah 62 yang didapatkan dari teknik sampling yakni systematic random sampling. Pada penelitian ini, variabel waktu tunggu pelayanan dibagi menjadi waktu tunggu pelayanan cepat (≤60 menit) dan waktu tunggu pelayanan lama (>60 menit). Sementara itu, tingkat kepuasan pasien terdiri dari 5 indikator, yaitu reabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Analisis yang digunakan adalah Spearman Rank test. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan sebanyak 58 (93,5 persen) responden dengan waktu tunggu pelayanan lama dan terdapat 4 (6,5 persen) responden dengan waktu tunggu pelayanan cepat. Distribusi kepuasan pasien berdasarkan waktu tunggu pelayanan sebanyak 7 (11,3 persen) responden menyatakan cukup puas, 41 (66,1 persen) responden puas dan 14 (22,6 persen) responden sangat puas. Selanjutnya dikerjakan uji korelasi spearman dengan hasil p=0,626 (p>0,05). Simpulan: Tidak ada korelasi antara waktu tunggu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherHolistik Jurnal Kesehatanen_US
dc.relation.ispartofseries;93-101-
dc.subjectWaktu tungguen_US
dc.subjectPelayananen_US
dc.subjectTingkat Kepuasanen_US
dc.subjectPasienen_US
dc.subjectPeserta BPJSen_US
dc.titleHubungan waktu tunggu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasienen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Vol 17 No 2 (2023)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
93-101.pdf93-101426.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.