Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6294
Title: | Pola asuh orang tua terhadap adiksi penggunaan gawai pada anak usia sekolah: Literature review |
Authors: | Sepdianto, Tri Cahyo Mustofa, Faisal Agus Abiddin, Andi Hayyun |
Keywords: | Pola asuh orang tua Gawai Anak usia sekolah dasar |
Issue Date: | Oct-2022 |
Publisher: | Holistik Jurnal Kesehatan |
Series/Report no.: | ;561-567 |
Abstract: | Pendahuluan: Di era modern ini, perkembangan teknologi yang melibatkan gadget dan gadget berkembang sangat pesat. Sebagai orang dewasa, mereka sudah memahami penggunaan perangkat dan dapat mengontrolnya sendiri, tetapi sebagai anak-anak, mereka masih cenderung bermain, yang efeknya menimbulkan kecanduan atau efek kecanduan. Pola asuh orang tua sangat diperlukan untuk mengontrol dan mengawasi penggunaan gawai atau gadget pada anak. Tujuan: Untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap adiksi penggunaan gawai pada anak usia sekolah. Metode: Menggunakan literature review study melalui strategi pencarian PEOS pada satu data base yaitu google scholar. Hasil: Didapatkan 5 studi yang sesuai dengan kriteria inklusi diantaranya menggunakan desain cross-sectional, kuasi-eksperimental, observational analitik. studi yang dipublikasikan antara tahun 2017-2022. Berdasarkan hasil analisis didaptakn abahwa pola asuh permisif berkontribusi pada tingkat kecanduan gadget yang lebih tinggi pada siswa sekolah dasar. Pola asuh demokratis mempengaruhi tingkat kecanduan gadget pada siswa sekolah dasar. Pola asuh permisif menunjukkan tingkat ketergantungan yang tinggi di antara anak-anak sekolah dasar. Simpulan: Pola asuh orang tua mempengaruhi tingkat kecanduan perangkat pada anak sekolah dasar. |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6294 |
ISSN: | 2620-7478 |
Appears in Collections: | Vol 16 No 6 (2022) |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
561-567.pdf | 561-567 | 468.54 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.