Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6293
Title: Pengaruh pendidikan kesehatan tentang gizi balita terhadap pengetahuan ibu
Authors: Yanti, Desi Ari Madi
Agustin, Eni
Keywords: Gizi
Balita
Pendidikan kesehatan
Pengetahuan
Issue Date: Oct-2022
Publisher: Holistik Jurnal Kesehatan
Series/Report no.: ;552-560
Abstract: Pendahuluan: Masalah gizi merupakan masalah kesehaatan utama pada balita. Gizi kurang pada balita dapat menghambat perkembangan mental, pertumbuhan fisik serta kemampuan berfikir. Gangguan gizi pada balita dapat dipengaruhi berbagai faktor salah satunya adalah rendahnya pengetahuan orang tua terutama ibu. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan pengetahuan ibu tentang gizi adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan. Tujuan: Diketahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang gizi balita terhadap pengetahuan ibu. Metode: Penelitian quasi eksperiment dengan rancangan pretest-postest control group. Populasinya semua ibu yang mempunyai balita yang berada di AmbarawaTimur. Tekhnik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling dengan sampel sebanyak 42 partisipan. Hasil: Diketahui rata-rata skor partisipan sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 69,43 dan rata-rata skor partisipan setelah diberikan pendidikan kesehatan adalah 75,71. Simpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang gizi balita terhadap pengetahuan ibu tentang gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Ambarawa tahun 2021 dengan p-value yaitu 0.000. Saran: Pelayanan kesehatan untuk dapat memberikan pendidikan kesehatan secara berkala kepada masyarakat terutama ibu tentang pemenuhan nutrisi pada balita sebagai langkah awal dalam mencegah terjadinya masalah tumbuh kembang bagi balita.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6293
ISSN: 2620-7478
Appears in Collections:Vol 16 No 6 (2022)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
552-560.pdf552-560516.09 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.