Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6272
Title: Cognitive Behavior Therapy (CBT) pada anak yang mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD): Sebuah tinjauan literatur
Authors: Amira, Iceu
Hendrawati, Hendrawati
Maulana, Indra
Senjaya, Sukma
Keywords: Anak
ADHD
CBT
Issue Date: Sep-2022
Publisher: Holistik Jurnal Kesehatan
Series/Report no.: ;416-427
Abstract: Pendahuluan: Attention Deficit-Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah kondisi kejiwaan yang telah lama diketahui mempengaruhi kemampuan fungsi anak. Anak dengan ADHD menunjukkan ketidak mampuan tidak hanya dalam perhatian dan fokus tetapi juga dalam pengambilan keputusan dan pengaturan emosi. Maka dari itu penting untuk mendiagnosis dan mengobati gangguan pada usia muda sehingga gejalanya tidak berlanjut hingga dewasa. Tujuan: Untuk mengetahui manfaat cognitive behavioral therapy pada anak dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Metode: Menggunakan studi literatur review dengan strategi pencarian PICO pada tiga database yaitu Pubmed, Sage Journals, dan EBSCO CINAHL. Hasil : Didapatkan artikel yang berasal dari negara Eropa, Israel, Prancis dan Korea sesuai dengan kriteria inklusi penelitian. Dari hasil analisis didapatkan bahwa intervensi CBT yang dapat diberikan pada anak dengan ADHD adalah Cognitive Executive Function (EF) dan Cognitive-Functional Intervention. Simpulan: Ditemukan bahwa CBT dapat meningkatkan fungsi eksekutif yang mengarah pada peningkatan kinerja belajar mandiri pada anak dengan ADHD.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6272
ISSN: 2620-7478
Appears in Collections:Vol 16 No 5 (2022)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
416-427.pdf416-427733.99 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.