Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6185
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorOktera, Dian Purnama-
dc.contributor.authorAryawati, Wayan-
dc.contributor.authorAryastuti, Nurul-
dc.date.accessioned2024-09-23T07:19:51Z-
dc.date.available2024-09-23T07:19:51Z-
dc.date.issued2021-12-
dc.identifier.issn2620-7478-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6185-
dc.description.abstractPendahuluan: Beberapa dekade kedepan usia lansia di Indonesia jumlahnya akan lebih banyak, hal ini berdampak pada ketergantungan lansia akan bantuan orang lain dan perawatan jangka panjang. Adapun Rumah Sakit sebagai penyedia layanan kesehatan merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang paling banyak dikunjungi oleh lansia, sehingga diperlukan evaluasi sebagai upaya perbaikan terhadap fasilitas yang diberikan, yang salah satunya adalah dengan melakukan pengukuran tingkat kepuasan pada pasien lansia. Tujuan: Mengetahui tingkat kepuasan lansia di Poliklinik RS Pertamina Bintang Amin Lampung Metode: Penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang berusia ≥ 60 tahun sebanyak 250 responden. Teknik pengambilan sampel menganggunakan accidental sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Teknik analisa data menggunakan uji chi-square dan regresi logistik berganda. Hasil: Menunjukkan bahwa ada hubungan secara parsial antara jenis pekerjaan (p value = 0,007), pendidikan (p value = 0,001), ketepatan waktu pelayanan (p-value = 0,000), akurasi pelayanan (p-value = 0,000), keramahan petugas (p-value = 0,000), kecepatan petugas loket pendaftaran (p-value = 0,001), dan kenyamanan ruang tunggu (p-value = 0,000) dengan kepuasan pasien lansia, tetapi tidak ada hubungan antara jenis kelamin (p-value = 0,809), usia (p-value = 0,363), cara bayar (p-value =0,793), dan ketersediaan toilet (p-value = 0,207), serta variabel kecepatan petugas loket pendaftaran merupakan yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pasien lanjut usia dengan p-value = 0.000 ; OR = 11,08 ; 95% CI: 4,47 – 27,45.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherHolistik Jurnal Kesehatanen_US
dc.relation.ispartofseries;734-745-
dc.subjectPolikliniken_US
dc.subjectTingkat Kepuasanen_US
dc.subjectLanjut Usiaen_US
dc.titleAnalisis tingkat kepuasan pasien lanjut usia di poliklinik rumah sakit Pertamina Bintang Amin Lampungen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Vol 15 No 4 (2021)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
734-745.pdf734-745425.57 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.