Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6165
Title: | Prediktor kecemasan siswa sekolah dasar selama pandemi covid-19: Konteks karantina di rumah dan pembelajaran daring |
Other Titles: | Predictors of anxiety among elementary school students during covid-19 pandemic: The context of home quarantine and online education |
Authors: | Widyawati, Febri Dwi Elliya, Rahma Pribadi, Teguh |
Keywords: | Prediktor Kecemasan Siswa Pandemi covid-19 Karantina di rumah Pembelajaran daring |
Issue Date: | Dec-2021 |
Publisher: | Holistik Jurnal Kesehatan |
Series/Report no.: | ;592-599 |
Abstract: | Pendahuluan : Pada akhir tahun 2019 terdapat wabah virus nasional yang ditemukan di negara Cina, dan nama penyakitnya Coronavirus disease 2019 (COVID-19). Penyebaran virus ini sangatlah cepat sehingga untuk menghindari percepatan penyebaran yang semakin meluas salah satu cara yang dilakukan pemerintah adalah sistem pengajaran di sekolah maupun di perguruan tinggi dilakukan dengan sistem daring atau online. Tujuan: Untuk menentukan prediktor kecemasan siswa sekolah dasar selama pandemi covid-19: Konteks karantina di rumah dan pembelajaran daring Metode: Penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling snowball, populasinya semua anak kelas 4, 5, & 6 Sekolah Dasar Di desa Penumangan Baru. Variabel independen adalah karakteristik anak, Variabel dependen adalah kecemasan. Tempat penelitian dilakukan di rumah siswa/i masing – masing, dan sebagai respondennya orang tua siswa sebagai observer anaknya selama pembelajaran daring di rumah dan dilaksanakan pada bulan Januari – Maret 2021. Hasil: Didapatkan rata-rata usia anak 10 tahun, berjenis kelamin perempuan 54.3%, kelas 4&5 SD 60.6% bersekolah di SD 02&03 Penumangan Baru,dengan tingkat kecemasan sedang – berat sebesar 56.4%. terdapat hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan tingkat kecemasan anak sekolah dasar di desa penumangan baru tahun 2021 dengan nilai p-value = 0.011. Simpulan: Variabel gender dimana mahasiswi diprediksi lebih banyak mengalami kecemasan dalam pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Dibuktikan dengan nilai signifikan 0,011 atau p-value < 0,05. |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6165 |
ISSN: | 2620-7478 |
Appears in Collections: | Vol 15 No 4 (2021) |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
592-599.pdf | 592-599 | 594.92 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.