Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6110
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTriyoso, Triyoso-
dc.contributor.authorKhoddafi, Ahmad Muammar-
dc.contributor.authorKeswara, Umi Romayati-
dc.date.accessioned2024-09-23T02:48:59Z-
dc.date.available2024-09-23T02:48:59Z-
dc.date.issued2021-09-
dc.identifier.issn2620-7478-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6110-
dc.description.abstractPendahuluan: Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator untuk mengukur kualitas layanan kesehatan. Waktu tunggu pasien lama akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan. Berdasarkan Data Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2016, pemanfaatan fasilitas kesehatan di Puskesmas masih rendah, yaitu 26,7% masih rendah dibandingkan pemanfaatan fasilitas kesehatan puskesmas di Provinsi Lampung yaitu 32,6%. Tujuan: Diketahui hubungan waiting time dengan kepuasan pasien di Puskesmas Bengkunat Belimbing Kab. Pesisir Barat. Metode: Penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara cross sectional, dengan populasi seluruh pasien yang berkunjung di Puskesmas Belimbing Kab. Pesisir Barat yang berjumlah 421 responden. Tehnik pengambilan sampel dengan accidental sampling dengan jumlah sampel 134 responden. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Hasil: Didapatkan tingkat kepuasan kategori puas berusia rata-rata 40.80 tahun dengan standar devisiasi 8.765, rentang 19-59 tahun, berjenis kelamin laki laki 58 (66%), berpendidikan SMP 53 (60%), pekerjaan petani 56 (64%), tipe kunjungan ulang 68(77%), waktu antara menunggu dengan registrasi ≥20 menit 50 (57%), waktu menunggu registrasi dengan konsultasi ≥ 20 menit 44 (50%), waktu menunggu konsultasi ≥ 20 menit 25 (54%), waktu menunggu keseluruhan ≥ 60 menit 29 (63%). Simpulan: Tidak didapatkan hubungan antara waiting time dengan kepuasan pasien (p-value >0.05)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherHolistik Jurnal Kesehatanen_US
dc.relation.ispartofseries;459-466-
dc.subjectWaiting timeen_US
dc.subjectPasienen_US
dc.subjectKepuasanen_US
dc.subjectPasien rawat jalanen_US
dc.subjectPuskesmasen_US
dc.titleHubungan waiting time dengan kepuasan pasien pada pasien rawat jalan di Puskesmasen_US
dc.title.alternativeThe association between waiting time and patient satisfaction in outpatient at public health centeren_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Vol 15 No 3 (2021)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
459-466.pdf459-466436 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.