Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6035
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFusfitasari, Yenni-
dc.contributor.authorAmita, Dita-
dc.contributor.authorSaprihadi, Kurniawan-
dc.date.accessioned2024-09-21T04:29:06Z-
dc.date.available2024-09-21T04:29:06Z-
dc.date.issued2021-03-
dc.identifier.issn2620-7478-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6035-
dc.description.abstractPendahuluan : Sikap kooperatif merupakan salah satu tingkat pencapaian perkembangan yang penting untuk dikembangkan, salah satu faktor mempengaruhi sikap koperaif dengan penerapan komunikasi teraupetik. Hasil survey awal yang dilakukan terhadap 10 siswa TK Witri I terdapat 8 orang yang tidak kooperatif terhadap perawat atau petugas kesehatan yang hadir dalam pelaksanaan pemeriksaan kesehatan untuk pengecekan tumbuh dan kembang anak di TW Witri I tersebut. Tujuan : diketuahui pengaruh penerapan komunikasi teraupetikterhadap sikap kooperatif anak usia dini Metode: Penelitian kuantitatif rancangan pra eksperimen dengan pendekatan one group pretest postest. Populasi seluruh perawata dengan pengambilan sampel secara total sampling yang berjumlah 38 siswa telah dilakukan di TK Witri I Kota Bengkulu. pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan ke responden. Analisis data secara univariat (distribusi frekuensi) dan bivariat (Uji paired sampel t-test). Hasil : Rata-rata sikap kooperatif anak usia dini sebelum dilakukan komunikasi teraupetikadalah 4,03. Rata-rata sikap kooperatif Anak Usia setelah dilakukan komunikasi teraupetikadalah 7,08. Hasil uji statistic didapatkan nilai ρ = 0,000 < α (0,05), maka ada pengaruh penerapan komunikasi teraupetikterhadap sikap kooperatif anak usia dini. Simpulan : Didapatkan Pengaruh pengaruh penerapan komunikasi teraupetikterhadap sikap kooperatif anak usia dini (p-value 0,0001 < α 0,05). Diharapkan penyelenggara pendidikan anak usia dini hendaknya secara terus menerus menerapkan mengundang dan kerjasama kepada perawat atau tenaga kesehatan untuk menerapkan komunikasi teraupetiksehingga sikap anak selalu kooperatif kepada tenaga kesehatan dan orang yang baru dikenal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherHolistik Jurnal Kesehatanen_US
dc.relation.ispartofseries;133-139-
dc.subjectKomunikasi teraupetiken_US
dc.subjectSikap kooperatifen_US
dc.subjectAnak usia dinien_US
dc.titlePengaruh penerapan komunikasi terapeutik terhadap sikap kooperatif anak usia dinien_US
dc.title.alternativeTherapeutic communication and cooperative behavior among early childhooden_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Vol 15 No 1 (2021)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
133-139.pdf133-139568.53 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.