Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6014
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIndah, Fenita Purnama Sari-
dc.contributor.authorRatnaningtyas, Tri Okta-
dc.contributor.authorPratiwi, Rita Dwi-
dc.contributor.authorListiana, Ida-
dc.contributor.authorAlyumah, Desty-
dc.date.accessioned2024-09-21T02:55:09Z-
dc.date.available2024-09-21T02:55:09Z-
dc.date.issued2021-03-
dc.identifier.issn2620-7478-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6014-
dc.description.abstractPendahuluan: Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang memerlukan penanganan secara komperehensif. Upaya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Untuk mengatasi masalah pada siswa sekolah dasar dapat dilakukan dengan penyuluhan kesehatan menggunakan metode penyuluhan yang sesuai dengan kriteria sasaran penyuluhan kesehatan. Dari hasil studi pendahuluan didapatkan dari duapuluh siswa memiliki pemahaman kurang tentang kesehatan gigi dan mulut. Tujuan: Mengetahui perbedaan pemahaman tentang kesehatan gigi dan mulut antara penyuluhan kesehatan dengan metode audiovisual dan permainan tebak gambar. Metode: Penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan non-equivalent control group design with Pretest Posttest design dengan sampel yaitu 60 orang. Untuk kelompok metode audiovisual sebanyak 30 responden dan untuk kelompok permainan tebak gambar sebanyak 30 responden dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Analisa data menggunakan uji statistik uji wilcoxon signed rank test dan uji mann whitney test. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman tentang kesehatan gigi dan mulut sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan dengan metode audiovisual (p value = 0,015) dan permainan tebak gambar (p value = 0,010) serta perbedaan diantara kedua pengguna metode penyuluhan kesehatan (p value = 0,011). Simpulan: Metode audiovisual dan permainan tebak gambar sama - sama efektifnya untuk meningkatkan pemahaman tentang kesehatan gigi dan mulut pada siswa kelas IV SDN Muncul 3. Namun, jika dibandingkan kedua metode ini, metode permainan tebak gambar lebih dapat meningkatkan pemahaman siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherHolistik Jurnal Kesehatanen_US
dc.relation.ispartofseries;102-109-
dc.subjectKesehatan gigi dan muluten_US
dc.subjectAudiovisualen_US
dc.subjectPermainan tebak gambaren_US
dc.subjectPengetahuanen_US
dc.titleEfektivitas edukasi kesehatan menggunakan permainan tebak gambar dan audiovisual terhadap pemahaman kesehatan gigi dan muluten_US
dc.title.alternativeThe effectiveness of educational videos and picture charades: A health teaching device in improving oral health knowledge among elementary school studentsen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Vol 15 No 1 (2021)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
102-109.pdf102-109362.2 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.