Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6008
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Setiawati, Octa Reni | - |
dc.contributor.author | Setyowati, Sulis | - |
dc.date.accessioned | 2024-09-21T02:46:16Z | - |
dc.date.available | 2024-09-21T02:46:16Z | - |
dc.date.issued | 2021-03 | - |
dc.identifier.issn | 2620-7478 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6008 | - |
dc.description.abstract | Pendahuluan: Game online saat ini marak di masyarakat, peminatnya mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Game online memiliki kecenderungan membuat pemainnya tertarik berlama-lama di depan komputer hingga melupakan waktu belajar, waktu makan, waktu tidur, dan melakukan hubungan dengan lingkungan di dunia nyata karena mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya. Kecanduan game adalah pemain seakan-akan tidak ada hal yang ingin dikerjakan selain bermain game, dan seolah-olah game tersebut adalah hidupnya. Siswa akan kesulitan mengatur waktu dan memenuhi tuntutan akademik selama mereka sekolah. Hal tersebut menimbulkan stres akademik yang diartikan sebagai suatu kondisi atau keadaaan individu yang mengalami tekanan sebagai hasil persepsi dan penilaian siswa tentang stressor akademik. Hal tersebut dikarenakan banyaknya tuntutan akademik yang harus dihadapi, misalnya ujian, tugas-tugas dan lain sebagainya. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan stres akademik siswa SMP. Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini menggunakan sampel 500 responden siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dianalisis dengan menggunakan Uji Spearmen. Hasil: Diketahui bahwa terdapat hubungan signifikan antara kecanduan game dengan stres akademik dengan Koefisien korelasi sebesar 0,174, maka nilai ini menandakan hubungan yang lemah antara kecanduan game online dengan stres akademik. Angka koefisien korelasi bernilai positif sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah, dengan demikian dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat kecanduan game online maka tingkat stress akademik juga semakin parah. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Holistik Jurnal Kesehatan | en_US |
dc.relation.ispartofseries | ;81-88 | - |
dc.subject | Kecanduan | en_US |
dc.subject | Game online | en_US |
dc.subject | Stres akademik | en_US |
dc.subject | Siswa SMP | en_US |
dc.title | Kecanduan game online dengan stres akademik pada siswa SMP | en_US |
dc.title.alternative | Online game addiction and academic stress among junior high school students | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | Vol 15 No 1 (2021) |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.