Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5559
Title: | PENGARUH VIDEO EDUKASI MELALUI WHATSAPP TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PERSONAL HYGIENE PADA SAAT MENSTRUASI DI SMP NEGERI 10 KOTA PADANGSIDIMPUAN TAHUN 2023 |
Authors: | HASIBUAN, WIWIN LOMONA |
Keywords: | Personal hygiene Pengetahuan |
Issue Date: | 16-Oct-2023 |
Publisher: | Universitas Aufa Royhan |
Abstract: | Personal hygiene saat menstruasi adalah tindakan untuk memelihara kesehatan dan kebersihan pada daerah kewanitaan pada saat menstruasi agar terhindar dari bakteri yang menyebabkan infeksi. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Video Edukasi Melalui WhatsApp Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Personal hygiene Pada Saat Menstruasi di SMP Negeri 10 Kota Padangsidimpuan Tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuatitatif dengan menggunakan desain Pre-Experimental Design dan jenis design dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest, dengan jumlah sampel sebanyak 31 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengetahuan Personal hygiene pada saat menstruasi sebelum diberikan edukasi melalui whatsApp adalah 3,71 dan setelah diberikan edukasi rata-rata pengetahuan Personal hygiene pada saat menstruasi adalah 11,29. Berdasrkan hasil uji Wilcoxon diperoleh niali pengetahuan pvalue= 0,000, maka dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan Edukasi kesehatan melalui Video WhatsApp efektif meningkatkan pengetahuan Personal hygiene saat menstruasi di SMP Negeri 10 Kota Padangsidimpuan. Saran peneliti setelah penelitian ini remaja dapat lebih aktif untuk mencari informasi tentang Personal hygiene saat menstruasi dengan cara membaca, memahami, dan mengikuti seminar penyuluhan yang ada disekolah. |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5559 |
Appears in Collections: | 2023 |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI WIWIN LOMONA HASIBUAN (19030017).pdf | 1.47 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.