Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5556
Title: | PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI AUDIO VISUAL TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS POKENJIOR TAHUN 2023 |
Authors: | NIKAYANTI, RIA |
Keywords: | Pendidikan Kesehatan Audio Visual Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 |
Issue Date: | Sep-2023 |
Publisher: | Universitas Aufa Royhan |
Abstract: | Pengendalian kadar gula darah merupakan hal yang penting dalam penanganan DM. Pasien diabetes perlu memahami faktor-faktor yang berpengaruhi untuk mengendalikan kadar gula darah, yaitu diet, aktivitas fisik, dan kepatuhan minum obat. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui audio visual terhadap kepatuhan minum obat pada pasien diabetes mellitus tipe 2 di Puskesmas Pokenjior tahun 2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Eksperimen menggunakan rancangan one group pretest and posttest design. Penelitian ini dilakukan di puskesmas pokenjior dengan jumlah populasi sebanyak 43 orang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik total sampling. Hasil analisis sebelum dan sesudah diberikan intervensi dengan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh Pvalue = 0,000. Kesimpulan terdapat perbedaan rerata tingkat kepatuhan minum obat setelah diberikan pendidikan kesehatan melalui audio visual.Saran diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu responden dalam meningkatkan kepatuhan yang akan membawa dampak positif bagi kesehatan pasien dalam mengkontrol keadaan kesehatannya. |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5556 |
Appears in Collections: | 2023 |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI RIA NIKAYANTI (19030022).pdf | 4.71 MB | Adobe PDF | View/Open | |
JURNAL RIA NIKAYANTI (19030022).pdf | 395.49 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.