Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5555
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHASTUTY, RENNI-
dc.date.accessioned2024-03-08T01:53:30Z-
dc.date.available2024-03-08T01:53:30Z-
dc.date.issued2023-10-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5555-
dc.description.abstractHipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal 140/90 mmHg yang mengakibatkan peningkatan angka kesakitan morbiditas dan angka kematian mortalitas. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan media leaflet terhadap pengetahuan tentang hipertensi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu dengan menyusun, mengumpulkan, menganalisis serta mengolah data terhadap 31 responden yang bertempat di Desa Aek Nauli Kecamatan Hulu Sihapas. Dengan menggunakan media leaflet serta instrumen penelitian berupa kusioner yang digunakan untuk pengumpulan data untuk mengetahui karakteristik responden.Uji statistik yang dilakukan adalah analisa Univariate dan Bivariate dengan uji Wilcoxon. Hasil analisis berdasarkan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan uji Wilcoxon dengan p= 0,000 (p<0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan hipertensi. Penelitian ini dapat menjadi masukan dan pengetahuan kepada responden yang telah mendapatkan pendidikan hipertensi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Aufa Royhanen_US
dc.subjectLeafleten_US
dc.subjectpengetahuanen_US
dc.subjecthipertensien_US
dc.titlePENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG HIPERTENSI DI DESA AEK NAULI KECAMATAN HULU SIHAPAS KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA TAHUN 2023en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:2023

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RENNI HASTUTY (19030014).pdf4.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.