Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5554
Title: | PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN SISWA TENTANG PENCEGAHAN SCABIES DI SDN 200308 PADANGSIDIMPUAN TAHUN 2023 |
Authors: | HANDAYANI, PUTRI |
Keywords: | Penyuluhan Scabies Media Audio Visual Siswa sekolah dasar |
Issue Date: | 14-Aug-2023 |
Publisher: | Universitas Aufa Royhan |
Abstract: | Penyakit kulit merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang masih menjadi masalah di dunia termasuk di Indonesia. Scabies merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh tungau (Sarcoptes scabiei var.hominis). pengaruh penyuluhan kesehatan dengan media audio visual terhadap pengetahuan siswa tentang pencegahan scabies di SDN 2003008 Padangsidimpuan tahun 2023. Penelitian dilakukan dengan penilaian pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 105 siswa dan sampel pada penelitian ini sebanyak 31 responden. Pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank yakni untuk mengetahui perbedaan antara kedua kelompok data berpasangan berskala ordinal. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penyuluhan Kesehatan dengan media audio visual terhadap pengetahuan siswa tentang pencegahan scabies di SDN 200308 Padangsidimpuan dengan nilai p=0,001 (p<0,05). Hasil analisis sebelum dan sesudah diberikan intervensi dengan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh Pvalue = 0.001. kesimpulan terdapat perbedaan pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikan intervensi Kesehatan dengan media audio visual. Saran bagi siswa untuk meningkatkan pengetahuan pencegahan tentang scabies dengan cara menonton video pencegahan scabies. |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5554 |
Appears in Collections: | 2023 |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI PUTRI HANDAYANI (19030020).pdf | 1.08 MB | Adobe PDF | View/Open | |
JURNAL PUTRI HANDAYANI (19030020).pdf | 111.71 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.