Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5488
Title: | EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN HIPERTENSI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PADA LANSIA AWAL DENGAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATUNADUA |
Authors: | HARAHAP, SINDI RAHMAWATI |
Keywords: | Pendidikan Kesehatan Pengetahuan Hipertensi |
Issue Date: | Aug-2023 |
Publisher: | Universitas Aufa Royhan |
Abstract: | Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah meningkat di atas normal, tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan hipertensi terhadap peningkatan pengetahuan pada lansia awal dengan hipertensi di wilayah kerja puskesmas Batunadua. Jenis penelitian kuantitatif, desain penelitian Quasy-experimental dengan rancangan one group pretest-postest. Teknik sampling menggunakan total sampling dengan jumlah populasi 23 orang, dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian ini signifikan dengan nilai P-value = 0,001 (<0,05) menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan hipertensi terhadap peningkatan pengetahuan pada lansia awal dengan hipertensi. Diharapkan kepada tenaga kesehatan untuk meningkatkan program pendidikan kesehatan terkait penyakit tidak menular, seperti terus memberikan informasi tentang hipertensi kepada lansia awal, melakukan konsultasi dan kunjungan rumah yang dilakukan dengan rutin sehingga lansia awal dapat membiasakan diri dan memiliki kemauan serta kemampuan untuk mencegah hipertensi. |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5488 |
Appears in Collections: | 2023 |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI SINDI RAHMAWATI HARAHAP (19010053).pdf | 6.11 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.