Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5457
Title: HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU KEBIASAAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA SD NEGERI 200222 DI KOTA PADANGSIDIMPUAN TAHUN 2023
Authors: PAKPAHAN, ASWIN MUNANDAR
Keywords: Pengetahuan
Perilaku
Kebiasaan Cuci Tangan
Issue Date: Jul-2023
Publisher: Universitas Aufa Royhan
Abstract: Kebiasaan atau perilaku higienes dengan cuci tangan pakai sabun (CTPS), dapat mencegah pola penyebaran penyakit menular, misalnya seperti penyakit diare dan cacingan. Perilaku cuci tangan terlebih cuci tangan pakai sabun masih merupakan sasaran penting dalam promosi kesehatan, khususnya terkait perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia sekolah dasar, dikarenakan masih minimnya pengetauan anak sekolah dasar mengenai manfaat cuci tagan pakai sabun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun pada SD Negeri 200222 di Kota Padangsidimpuan. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan design penelitian deskriptif korelatif dan menggunakan pendekatan Cross Sectional Study yaitu peneliti dengan melakukan pengukuran atau penelitian dalam satu waktu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 300 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini diambil menggunakan metode purposive sampling dan menggunkan rumus Slovin untuk menghitung jumlah sampel yaitu sebanyak 171 responden. Hasil penelitian ini mempunyai p value = 0,000 yang artinya menunjukkan adanya Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Perilaku Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa SD Negeri 200222 Kota Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada responden mengenai Perilaku Kebiasaan Cuci Tangan.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5457
Appears in Collections:2023

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ASWIN MUNANDAR PAKPAHAN (19010070).pdf6.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.