Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4627
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNajamuddin, Najamuddin-
dc.contributor.authorIndra Awaluddin, Achmad-
dc.contributor.authorAhmad, Haslinah-
dc.contributor.authorNurmiati Aminuddin, St.-
dc.date.accessioned2023-04-13T10:38:09Z-
dc.date.available2023-04-13T10:38:09Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4627-
dc.description.abstractImplementation of Total Quality Management at Hospital X Makassar Najamuddin1*, Achmad Indra Awaluddin2, Haslinah Ahmad3, St. Nurmiati Aminuddin4 1Jurusan Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin, Indonesia 2Departemen Keperawatan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Megarezky, Indonesia 3Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Aufa Royhan, Indonesia 4Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini STAI DDI PANGKEP, Indonesia *Korespondensi Penulis : n ajamu d d in pa la n co i8 0 @g ma il. co m Abstrak Latar Belakang: Total Quality Management adalah penggambaran cara hidup, sikap dan organisasi perusahaan yang berusaha untuk menyediakan kepada pelanggan dengan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan mereka. Budaya membutuhkan kualitas di semua bagian operasi organisasi, dengan prosedur dilakukan dengan benar sejak pertama kali, dan kekurangan serta pemborosan diberantas dari kegiatan pelayanan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Total Quality Management dengan menggunakan kriteria MBNQA di RS X Makassar. Metode: Jenis penelitian merupakan mix method dengan menggunakan studi observasional dengan desain studi cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan Observasi Dokument. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh staf dan pimpinan di Rumah Sakit X Makassar, sebanyak 258 responden. Hasil: Studi ini menunjukkan, berdasarkan Perhitungan MNQA, RS X Makassar berada pada level Kinerja baik dengan nilai 738 dari skor maksimal 1000. Kesimpulan akhir pengukuran kinerja Rumah Sakit X Makassar dengan skor tersebut menggambarkan kinerja masih kurang baik. Oleh karena itu, perencanaan proaktif perlu dibuat dan dilaksanakan, tidak hanya reaktif terhadap masalah. Saran: Disarankan kepada pihak manajemen rumah sakit agar perlu dilakukan evaluasi yang teratur, Jadi itu itu strategis rencana itu memiliki pernah dibuat Bisa menjaditelah membawa keluar secara efektif. Kata Kunci: Total Quality Management; MBNQA; Rumah Sakiten_US
dc.subjectTotal Quality Managementen_US
dc.subjectMBNQAen_US
dc.subjectRumah Sakiten_US
dc.titleImplementation of Total Quality Management at Hospital X Makassaren_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:HASLINAH AHMAD

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Implementasi Total Quality Management di Rumah Sakit X Makassar.pdf1.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.