Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3949
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNasution, Andreanda-
dc.contributor.authorNasution, Ade Saputra-
dc.date.accessioned2023-02-02T06:48:41Z-
dc.date.available2023-02-02T06:48:41Z-
dc.date.issued2020-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3949-
dc.description.abstractPendidikan kesehatan terutama gizi perlu dilakukan pada anak sejak usia dini seperti siswa Sekolah Dasar. Hal ini merupakan sebuah upaya untuk menciptakan kesadaran berperilaku gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara pendidikan kesehatan yang perlu dilakukan pada siswa adalah dengan menggunakan media edukatif seperti puzzle gizi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan perilaku (pengetahuan, sikap dan tindakan) sebelum dan sesudah dilakukan intervensi menggunakan puzzle gizi. Penelitian ini menggunakan rancangan Pra Experimental design One Group Pre-test Post-test design dengan sampel sebanyak 53 responden yang diperoleh dengan cara pengambilan sampel yaitu proportional stratified random sampling, dan data dianalisis menggunakan uji McNemar. Hasil penelitian menggambarkan karakteristik laki-laki sebanyak 19 dan perempuan sebanyak 34 siswa, analisis data menggambarkan pengetahuan (p = 0,001), sikap (p = 0,000) dan tindakan (p = 0,000) yang artinya pengetahuan, sikap dan tindakan memiliki perbedaan sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan puzzle gizi. Perlu adanya upaya promosi gizi seimbang pada siswa Sekolah Dasar yang berkelanjutan untuk perubahan perilaku (pengetahuan, sikap dan tindakan) siswa terhadap pola hidup yang lebih sehat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries;89-99-
dc.subjectPuzzleen_US
dc.subjectperilaku gizi seimbangen_US
dc.subjectpromosien_US
dc.titlePuzzle Gizi sebagai Upaya Promosi terhadap Perilaku Gizi Seimbang pada Siswaen_US
dc.title.alternativeNutrition Puzzles as an Effort to Promote Balanced Nutrition Behavior in Studentsen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:VOL 16 NO 1 2020

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
89-99.pdf584.39 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.