Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3917
Title: Faktor yang Memengaruhi Kesalahan Persepsi Ibu tentang Status Gizi Anak
Other Titles: Predictors of Maternal Misclassification of Child’s Weight Status
Authors: Arfianti
Kesuma, Tri Muhti Puja
Septima, Muhammad Beni
Dini, Riefni Silara
Chandra, Fifia
Keywords: Antropometri
pekerjaan
penilaian ibu
status gizi
Issue Date: Dec-2019
Publisher: Jurnal MKMI
Abstract: Gangguan gizi merupakan masalah kesehatan yang serius pada anak di Indonesia. Ibu memainkan peranan yang penting dalam pencegahan gangguan gizi pada anak. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan status gizi anak sekolah dasar berdasarkan penilaian ibu dan pengukuran antropometri serta menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kesalahan persepsi ibu tentang status gizi anak. Jenis penelitian adalah observasional analitik dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian meliputi 250 ibu dari anak kelas 4 dan 5 di 6 (enam) sekolah dasar negeri di Kota Pekanbaru yang diperoleh dengan metode proportional quota sampling. Status gizi anak dikategorikan berdasarkan baku antropometri World Health Organization (WHO) 2006. Persepsi ibu tentang status gizi anak diukur menggunakan kuesioner. Berdasarkan pengukuran antropometri didapatkan 28% anak dengan status gizi lebih dan 10% anak dengan status gizi kurang, sedangkan bedasarkan persepsi ibu terdapat 4,8% anak dengan status gizi lebih dan 12,8% anak dengan status gizi kurang. Sebanyak 34,8% ibu salah dalam menilai status gizi anak dan kesesuaian terhadap pemeriksaan antropometri tergolong buruk (koefisien Kappa 0,02). Ibu yang bekerja lebih cenderung salah dalam menilai status gizi anak dibanding ibu yang tidak bekerja (p=0,004).
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3917
Appears in Collections:VOL 15 NO 4 2019

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
329-337.pdf350.35 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.