Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3912
Title: Efektivitas Dual-Task Training Motorik-Kognitif dalam Menurunkan Risiko Jatuh pada Lansia
Other Titles: The Effectiveness of Motoric-Cognitive Dual-Task Training in Reducing Risk of Falls on Elderly
Authors: Purnamasari, Nahdiah
Bachtiar, Farahdina
Puspitha, Arnis
Keywords: Dual-task training
risiko jatuh
lansia
Issue Date: Sep-2019
Publisher: Jurnal MKMI
Abstract: Proses penuaan menyebabkan kemunduran dari berbagai aspek tubuh baik secara fisik, mental, maupun psikologis yang secara tidak langsung mengancam kemandirian lansia serta membuat mereka rentan terhadap kejadian jatuh. Latihan kombinasi Dual-Task motorik-kognitif menggabungkan latihan fisik dan kognitif secara bersama-sama dan menginduksi efek sinergis ketika digabungkan dalam satu intervensi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian latihan dual-task terhadap risiko jatuh pada lansia. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan one group pre-test post-test design dengan lama waktu perlakuan selama 4 minggu dengan frekuensi 3 kali seminggu. Sebelum dan setelah perlakuan, responden diukur tingkat keseimbangan dan risiko jatuhnya menggunakan Berg Balance Scale (BBS), Timed-Up and Go Test (TUGT), serta Tinetti Balance Assesment Tool. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keseimbangan lansia setelah pemberian 12 kali latihan berdasarkan alat ukur BBS (p<0.001) dan TUGT (p=0.079). Risiko jatuh terlihat mengalami penurunan setelah 12 kali perlakuan (p<0.001). Penurunan risiko jatuh paling tinggi terjadi setelah 6 kali perlakuan pertama (p=0.011). Disimpulkan bahwa latihan dual-task motorik-kognitif ini secara signifikan berpengaruh dalam penurunan risiko jatuh pada lansia.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3912
Appears in Collections:VOL 15 NO 3 2019

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
284-291.pdf322.42 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.