Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3553
Title: KAJIAN HIPERSEMIOTIKA TERHADAP ROZY SEBAGAI VIRTUAL INFLUENCER INSTAGRAM HYPERSEMIOTICS REVIEW OF ROZY AS INSTAGRAM VIRTUAL INFLUENCER
Authors: Nugraha, Nugraha
Iwan Saidi, Acep
Keywords: Hipersemiotika
Instagram
Rozy.gram
Virtual influencer
Issue Date: 2022
Abstract: KAJIAN HIPERSEMIOTIKA TERHADAP ROZY SEBAGAI VIRTUAL INFLUENCER INSTAGRAM HYPERSEMIOTICS REVIEW OF ROZY AS INSTAGRAM VIRTUAL INFLUENCER Nugraha, Acep Iwan Saidi Email: nugrahaganesha@gmail.com Magister Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung Jalan Ganesha 10, Bandung, Indonesia ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang Rozy yang merupakan virtual influencer pertama di Korea Selatan produksi Sidus Studio X. Rozy memiliki akun media sosial Instagram @rozy.gram yang dibuat pada 19 Agustus 2020. Perempuan berumur 22 tahun ini merupakan representasi manusia virtual dalam sebuah akun Instagram. Dalam waktu tiga bulan sejak akun tersebut dirilis, jumlah pengikutnya mencapai 13.000. Hingga kini, jumlahnya pun bertambah mencapai lebih dari 126.000 pengikut. Jumlah pengikut sebanyak ini membuat produk-produk beriklan menggunakan jasa virtual influencer Rozy sebagai strategi pemasaran. Konten Instagram Rozy menampilkan empat tema, yakni tema mode, perjalanan, lingkungan, dan aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hierarki hipersemiotika pada Rozy dalam akun @rozy.gram. Kajian ini menggunakan pendekatan hipersemiotika untuk memahami makna di luar realitas. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menelaah makna di balik sistem tanda. Dalam dunia Rozy sebagai virtual influencer terdapat perekayasaan realitas yang melampaui batas dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Rozy hidup dalam dunia yang terlepas dari kebenaran realitas. Analisis hipersemiotika ini menunjukkan bahwa virtual influencer Rozy mampu mengecoh persepsi manusia dan mengaburkan batasan realitas antara yang asli dan palsu, alamiah dan artifisial, serta nyata dan tidak nyata. Hendaknya, audiens Instagram harus rasional, skeptis, dan kritis dalam menanggapi sosok virtual influencer. Kata Kunci: Hipersemiotika; Instagram; Rozy.gram; Virtual influencer
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3553
Appears in Collections:VOL 6 NO 2 (2022)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
121-137.pdf4.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.