Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3545
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWidiyanti Hendranto, Dhyani-
dc.date.accessioned2023-01-07T03:08:02Z-
dc.date.available2023-01-07T03:08:02Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3545-
dc.description.abstractGAYA HIDUP INSTAGRAM DAN MINUM KOPI: KAJIAN REPRESENTASI DIRI, KONSUMERISME, DAN HIBRIDITAS Dhyani Widiyanti Hendranto dhyaniarts@gmail.com Program Pascasarjana Universitas Sanata Dharma Jl. STM Mrican 2A, Gejayan, Tromol Pos 29 Yogyakarta 55002 ABSTRAK “Gaya hidup Instagram” merupakan gaya hidup yang gemar melakukan dokumentasi kehidupan sehari-hari untuk kemudian ditampilkan di Instagram agar bisa diketahui publik. Salah satu konten yang biasa ditampilkan adalah momen minum kopi. Momen minum kopi yang ditampilkan sebagai konten Instagram ini menarik untuk diteliti karena kaitannya dengan representasi identitas diri tertentu dari penggunanya yang terhubung dengan budaya konsumerisme. Dengan menggunakan analisis visual dengan pendekatan studi literatur, terutama yang berhubungan dengan identitas diri, budaya konsumerisme dan pascakolonialisme yang bertujuan untuk melihat hubungan antara aktivitas minum kopi, tampilan visual di Instagram dan makna yang lebih luas, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat usaha pembentukan identitas diri yang diekspresikan di dalam ruang virtual melalui tampilan visual dengan teks dan keterangan lainnya sebagai pendukung (tagging geografis, caption, hashtags, dan sebagainya). Budaya konsumerisme juga ditunjukkan lewat adanya keterkaitan antara “waktu luang” dan “membeli”. Ekspresi menikmati waktu luang bisa ditunjukkan melalui pose memegang rokok, tertawa, dan bersantai. Ditambah lagi, budaya konsumerisme di sini dapat dilihat dari bagaimana subjek peminum kopi atau pembuat konten sedang memasarkan suatu produk tertentu. Terakhir, hibriditas terjadi bagi “penjajah” yang membuat kolonialisme lebih "bersahabat" melalui citra lokal dan kultural. Sementara bagi “yang dijajah”, dokumentasi “minum kopi” melalui Instagram akan membuat baik aktivitas maupun kopi itu sendiri menjadi dikenal secara luas tidak hanya dalam ruang lingkup nasional melainkan juga internasional. Kata Kunci: Instagram; minum kopi; identitas diri; konsumerisme; hibriditasen_US
dc.subjectInstagramen_US
dc.subjectminum kopien_US
dc.subjectidentitas dirien_US
dc.subjectkonsumerismeen_US
dc.subjecthibriditasen_US
dc.titleGAYA HIDUP INSTAGRAM DAN MINUM KOPI: KAJIAN REPRESENTASI DIRI, KONSUMERISME, DAN HIBRIDITASen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:VOL 6 NO 1 (2022)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14-23.pdf2.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.