Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3544
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Leonardo, Leonardo | - |
dc.date.accessioned | 2023-01-07T03:02:37Z | - |
dc.date.available | 2023-01-07T03:02:37Z | - |
dc.date.issued | 2022 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3544 | - |
dc.description.abstract | PENGARUH LINGKUNGAN VISUAL RUANGAN KULIAH PADA MOOD MAHASISWA UNTUK MULAI BELAJAR Leonardo lenard.lee7102neu@gmail.com Jurusan Arsitektur Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha Jl. Prof.drg. Suria Sumantri, MPH no. 65, Bandung, Indonesia ABSTRAK Mood adalah respon psikologis atas beragam pemicu emosi dari lingkungan sekitar, kebanyakan dipengaruhi persepsi dari pengalaman visual sebelumnya. Atmosfer ruangan kuliah penting diperhatikan karena berpotensi menggiring mood mahasiswa saat memasuki ruangan dan dapat berpengaruh pada proses belajar sepanjang jam kuliah. Tulisan ini bertujuan untuk menjabarkan komposisi elemen-elemen lingkungan visual ruangan belajar. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen yakni mood 165 mahasiswa FSRD saat melihat ruangan kuliah secara virtual dengan v360 dicatat, penilaian mereka atas suasana ruangan diuraikan, dan dengan alat riset ACRS (attention, relevance, confidence, satisfaction) dilihat kaitannya pada motivasi belajar melalui kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa mood positif dipengaruhi kentara oleh elemen pencahayaan, jendela berpemandangan eksterior, dan pelingkup interior. Jadi, mood dapat dijadikan indikator kondisi pencahayaan ruangan kuliah melalui suasana lingkungan belajar secara visual. Kata Kunci : mood ; persepsi ; pengalaman visual ; atmosfer ruang kuliah | en_US |
dc.subject | mood | en_US |
dc.subject | persepsi | en_US |
dc.subject | pengalaman visual | en_US |
dc.subject | atmosfer ruang kuliah | en_US |
dc.title | PENGARUH LINGKUNGAN VISUAL RUANGAN KULIAH PADA MOOD MAHASISWA UNTUK MULAI BELAJAR | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | VOL 6 NO 1 (2022) |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.