Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3536
Title: KAJIAN ELEMEN PEMBENTUK SUASANA RUANG BERTEMA KOREAN STREET VIEW PADA INTERIOR KAFE CHINGU DI BANDUNG
Authors: Nur Hadiansyah, Mahendra
Fitrah Ramadhani, Dessy
Keywords: kafe
tren
Korea
hallyu
elemen interior
Issue Date: 2021
Abstract: KAJIAN ELEMEN PEMBENTUK SUASANA RUANG BERTEMA KOREAN STREET VIEW PADA INTERIOR KAFE CHINGU DI BANDUNG Mahendra Nur Hadiansyah, Dessy Fitrah Ramadhani (Email: mahendrainterior@telkomuniversity.ac.id) Program Studi Desain Interior Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi No.1, Bandung, Indonesia ABSTRAK Peran desain interior dalam sebuah industri kreatif harus memenuhi tiga tujuan yaitu, fungsi, estetika, dan kebutuhan psikologis pengunjung. Pada sebuah kafe, suatu desain dapat dikatakan sukses apabila kafe tersebut ramai pengunjung dan menjadi tren di masyarakat sekitarnya. Salah satu tren kafe saat ini yaitu bertema Korea. Maraknya budaya Korea yang masuk ke dunia internasional yang didukung oleh akses internet dan sosial media pada era globalisasi menghadapkan masyarakat indonesia dengan hallyu wave atau demam Korea melalui aneka hiburan dan informasi. Kafe Chingu yang berada di kota Bandung menggunakan tema Korean street view untuk menarik pengunjung pecinta budaya Korea. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bagaimana elemen interior terbentuk sehingga mampu menggiring persepsi pengunjung kafe Chingu merasakan suasana bertemakan Korean street view. Metode yang diterapkan yaitu metode kualitatif berupa pengumpulan data melalui survey dan dokumentasi serta forum grup diskusi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa elemen yang mempengaruhi pengunjung dalam merasakan suasana Korean street view yaitu arsitektural rumah tradisional korea, elemen interior seperti mural, signage, neon box dan elemen dekoratif seperti dinding dengan papan bertulis huruf Hangeul, bunga sakura, dan mesin minuman yang menggambarkan suasana di perkotaan Korea Selatan. Pengunjung dapat merasakan suasana tematik tersebut berdasarkan pengalaman dari menonton acara-acara Korea atau video vlog traveling di Korea pada internet. Pada dasarnya pembentukan suasana ruang melalui elemen interior pada Kafe Chingu memanfaatkan stereotipe yang hadir di masyarakat tentang Korea. Kata Kunci: kafe; tren; Korea; hallyu; elemen interior
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3536
Appears in Collections:VOL 5 NO 2 (2021)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
166-185.pdf3.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.