Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3528
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHimawan, Riki-
dc.contributor.authorBudi Waspada, Agung-
dc.date.accessioned2022-12-10T02:59:31Z-
dc.date.available2022-12-10T02:59:31Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3528-
dc.description.abstractMETAFORA VISUAL PADA IKLAN OBAT ANTISEPTIK VIDISEP Kajian Semiotika Riki Himawan (Email: kicuy.riki@gmail.com) Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha Jl. Suria Sumantri, MPH no. 65, Bandung, Indonesia Agung Budi Waspada (email : agungebw.nalardiagonal@gmail.com) Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung Jl. Ganesha No. 10. Lb Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Indonesia ABSTRAK Salah satu cara yang biasa digunakan untuk menambah daya tarik sebuah iklan adalah dengan memakai pendekatan metafora visual. Iklan obat antiseptik Vidisep adalah salah satu iklan yang menggunakan pendekatan metafora visual. Iklan Vidisep meraih penghargaan tertinggi kategori iklan media cetak dalam Citra Pariwara tahun 2016. Sehingga sebagai sebuah karya visual, iklan ini dianggap telah memenuhi persyaratan dari segi kreativitas dalam visualisasinya. Pemakaian metafora visual menandakan bahwa iklan ini mengedepankan bahasa tanda dalam penyampaian pesannya. Penelitian kualitatif dengan penggambaran secara deskriptif bertujuan untuk menelaah struktur tanda dan pesan pada iklan yang memakai pendekatan metafora visual. Melalui analisis semiotika Roland Barthes menunjukkan bahwa iklan obat antiseptik Vidisep memakai bahasa tanda yang disesuaikan dengan karakteristik dan fungsi obat antiseptik. Pemaknaan pada visualisasi iklan didukung oleh penyimpangan berseni (artful deviation) yang mampu mendukung terbentuknya metafora visual sebagai sebuah strategi persuasi dalam iklan ini. Kata Kunci: iklan; retorika visual; metafora visual; semiotikaen_US
dc.subjectiklanen_US
dc.subjectretorika visualen_US
dc.subjectmetafora visualen_US
dc.subjectsemiotikaen_US
dc.titleMETAFORA VISUAL PADA IKLAN OBAT ANTISEPTIK VIDISEP Kajian Semiotikaen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:VOL 5 NO 1 (2021)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
19-36.pdf403.2 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.