Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3527
Title: IMPLEMENTASI PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DALAM KONSER TALUN DI MUSEUM KOTA BANDUNG
Authors: Caroline Sahertian, Grace
Keywords: branding
desain
identitas visual
konser musik
Issue Date: 2021
Abstract: IMPLEMENTASI PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DALAM KONSER TALUN DI MUSEUM KOTA BANDUNG Grace Caroline Sahertian (Email: grace.sahertian@gmail.com) Program Studi D-III Seni Rupa dan Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha Jl. Suria Sumantri, MPH no. 65, Bandung, Indonesia ABSTRAK Perkembangan teknologi di era digital ini mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk aspek seni dan budaya. Musik yang merupakan salah satu unsur dalam seni dan budaya pun dituntut untuk tetap relevan dengan kondisi aktual. Kemunculan platform video streaming seperti YouTube, berpengaruh terhadap penurunan minat masyarakat untuk menikmati pertunjukan musik secara langsung, oleh sebab itu, pertunjukan musik membutuhkan identitas visual atau visual branding sebagai kemasan yang dapat membangun citra dan daya tarik dari event tersebut. Konser Talun merupakan sebuah pertunjukan musik yang diadakan di Museum Kota Bandung dan dikemas dengan konsep kreatif. Identitas visual Konser Talun dirancang dengan mengadaptasi elemen-elemen yang terdapat pada Museum Kota Bandung dan karakteristik bunyi gaung/gema. Metode perancangan yang digunakan bersifat analisis kualitatif dengan instrumen observasi, wawacara dan dokumentasi. Hasil perancangan identitas visual Konser Talun berupa logo, warna, font dan elemen desain, yang kemudian diterapkan ke dalam media promosi, tata pencahayaan, visual background, instalasi dan merchandise. Implementasi identitas visual ini diharapkan dapat memberikan daya tarik dan value tambahan berupa pengalaman audio visual yang unik dalam sebuah pertunjukan musik, sehingga dapat menjadi alternatif bagi masyarakat untuk menyaksikan dan menikmati pertunjukan musik secara langsung di tengah bermunculannya berbagai platform digital. Kata Kunci: branding, desain, identitas visual, konser musik
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3527
Appears in Collections:VOL 5 NO 1 (2021)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1-18.pdf1.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.