Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3511
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNurlaili, Fitri-
dc.contributor.authorRismantojo, Sandy-
dc.date.accessioned2022-12-09T04:11:00Z-
dc.date.available2022-12-09T04:11:00Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3511-
dc.description.abstractdREPOSITIONING BRAND SHIBOTIK UNTUK MEMBANGUN CITRA BARU SEBAGAI BATIK LIMITED EDITION Fitri Nurlaili, Sandy Rismantojo (Email: Fitriinn98@gmail.com) Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha Jl. Prof. Drg. Surya Sumantri No.65, Bandung, Indonesia ABSTRAK Positioning memiliki peran penting dalam sebuah brand sebagai suatu strategi yang digunakan untuk menanamkan citra produk di benak konsumen sehingga produk tersebut terlihat menonjol dibandingkan dengan produk pesaing. Jika terdapat kesalahan terhadap positioning maka akan berdampak tidak baik bagi sebuah brand. Hal ini terjadi pada salah satu brand lokal Indonesia yaitu Shibotik. Shibotik adalah gabungan dua teknik perintangan warna ala Jepang (shibori) dan Indonesia (batik), merupakan inovasi batik dari upaya perkembangan batik sehingga memiliki variasi pilihan bagi orang dalam membeli batik. Shibotik memasarkan produknya dengan harga yang cukup mahal, namun branding dan promosi yang sudah dibuat tidak sesuai dengan positioning yang diinginkan, yaitu tidak menciptakan kesan produk limited edition untuk target audience. Mengatasi permasalahan di atas perlu dibuat repositioning pada brand Shibotik untuk membangun image sebagai batik limited edition dengan target wanita usia 24-40 tahun. Sebelum membuat perancangan ini dilakukan beberapa metode untuk mengumpulkan data yaitu observasi, kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Konsep dalam perancangan ini yaitu konsep unik, clean desain untuk memberi citra limited edition. Media utama yang digunakan dalam repositioning brand Shibotik adalah Instagram dan website, media pendukung majalah, lookbook dan store design. Dengan adanya repositioning diharapkan brand Shibotik memiliki positioning sebagai produk inovasi batik yang limited edition. Kata kunci: brand image; inovasi; limited edition; repositioning; Shibotiken_US
dc.subjectbrand imageen_US
dc.subjectinovasien_US
dc.subjectlimited editionen_US
dc.subjectrepositioningen_US
dc.subjectShibotiken_US
dc.titledREPOSITIONING BRAND SHIBOTIK UNTUK MEMBANGUN CITRA BARU SEBAGAI BATIK LIMITED EDITIONen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:VOL 3 NO 2 (2019)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
150-168.pdf786.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.