Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3505
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLumanta, Evelyn-
dc.contributor.authorRhian Gunawan, Peter-
dc.contributor.authorTjandra, Miki-
dc.date.accessioned2022-12-09T03:42:06Z-
dc.date.available2022-12-09T03:42:06Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3505-
dc.description.abstractPERANCANGAN MEDIA INFORMASI UNTUK MENANGGULANGI KECANDUAN GAWAI PADA ANAK Evelyn Lumanta, Peter Rhian Gunawan, Miki Tjandra (Email: lumantaevelyn@gmail.com) Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha Jl. Surya Sumantri No. 65, Bandung, Indonesia ABSTRAK Gawai sebagai teknologi yang banyak digunakan saat ini telah terbukti dapat memberikan dampak buruk pada anak, terutama anak usia dini. Perkembangan anak usia dini merupakan tahap yang vital dan penting bagi proses pertumbuhan anak, dan dapat mengalami kerusakan secara permanen akibat pengaruh penggunaan gawai yang terlalu berlebihan. Banyak orang tua tidak menyadari bahaya tersebut. Maka dari itu, diperlukan sebuah media informasi yang menarik dan jelas bagi para orang tua sehingga dapat dengan bijak mengawasi penggunaan gawai anaknya.Tujuan dari perancangan adalah untuk menyediakan sebuah media informasi yang dapat memperjelas bahaya dari kecanduan gawai dan cara mengatasinya. Melalui penggunaan UI (User Interface) dan UX (User Experience) yang tepat, diharapkan media informasi yang dihasilkan dapat menyampaikan pesan yang jelas bagi para orang tua mengenai masalah kecanduan gawai pada anak. Metode yang digunakan dalam perancangan adalah metode research and development secara kualitatif dengan riset dilakukan melalui studi pustaka, wawancara, survei dan observasi lapangan. Data-data yang ditemukan dipaparkan dan dibuat kesimpulan. Kesimpulan yang didapat digunakan sebagai dasar perancangan media informasi. Hasil akhir perancangan berwujud website sebagai media yang dapat diakses di berbagai tempat dan ambient media dengan gaya yang menarik dan mudah dimengerti oleh orang tua yang memiliki anak usia dini. Kata Kunci: ambient media; anak usia dini; gawai; kecanduan; website.en_US
dc.subjectambient mediaen_US
dc.subjectanak usia dinien_US
dc.subjectgawaien_US
dc.subjectkecanduanen_US
dc.subjectwebsiteen_US
dc.titlePERANCANGAN MEDIA INFORMASI UNTUK MENANGGULANGI KECANDUAN GAWAI PADA ANAKen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:VOL 3 NO 1 (2019)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
48-60.pdf1.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.