Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2584
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Elly, Nur | - |
dc.date.accessioned | 2022-08-10T10:06:54Z | - |
dc.date.available | 2022-08-10T10:06:54Z | - |
dc.date.issued | 2021-10 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2584 | - |
dc.description.abstract | The influence of education packages on adequacy of breast milk and baby weight gains during the covid-19 pandemic Nur Elly1, Demsa Simbolon1, Iin Nilawati2* 1Department of Nursing, Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Jalan Indra Giri No. 3 Padang Harapan, Kota Bengkulu 3 Department of Midwifery, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti, Jalan Mahakam Raya No. 16 Lingkar Barat Bengkulu *Corresponding author: nilawati_iin@yahoo.com ABSTRAK Latar Belakang: Proses menyusui pada masa awal kehidupan bayi sering terjadi kegagalan karena kurangnya produksi Air Susu Ibu (ASI). Edukasi ASI merupakan upaya yang perlu dilakukan untuk mencegah dan mengatasi kegagalan menyusui. Pada masa pandemi copid-19, dibutuhkan edukasi pada ibu hamil dan post partum yang dapat dilakukan secara on line. Tujuan: penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas pemberian paket “Edu-ASI” terhadap kecukupan ASI dan peningkatan berat badan bayi di Kota Bengkulu. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan post test design with control group. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester 3 (dengan usia kehamilan diatas 35 minggu yang melaksanakan ANC di BPM Kota Bengkulu diikuti hingga post partum hari ke empat belas. Jumlah sampel adalah 15 orang kelompok intervensi dan 15 orang kelompok control yang diperoleh secara consecutive sampling. Pada kelompok intervensi diberikan paket edukasi dengan alat bantu media edukasi melalui Edu_ASI berupa 3 part video berisi konsep dan cara menyusi kemudian dilakukan pendampingan dan pengukuran post tes kecukupan ASI dan 2 minggu setelah persalinan bayi ditimbang berat badannya. Pada kelompok kontrol hanya diberikan edukasi oleh bidan sebagaimana edukasi yang biasa dilakukan bidan. Kecukupan ASI diukur berdasarkan indikator dari bayi serta peningkatan berat badan bayi dengan membandingkan penambahan berat badan lahir dengan berat badan bayi pada usia 2 minggu. Analisis dilakukan dengan uji T dan man witney. Hasil: penelitian menunjukkan tidak ada perbedaaan karakteristik responden kelompok kontrol dan kasus. Paket Edu-ASI efektif terhadap kecukupan ASI dengan nilai P value 0,007, dan paket Edu-ASI kurang efektif terhadap peningkatan kenaikan berat badan bayi yang diukur 2 minggu setelah persalinan dengan hasil uji nilai p value 0,671. Kesimpulan: Paket Edu-ASI diharapkan dapat mendukung keberhasilan program ASI Ekslusif terutama di masa pandemi covid-19. KATA KUNCI: paket edu-asi; kecukupan asi; berat badan bayi ABSTRACT Background: The process of breastfeeding in the early days of a baby’s life often fails due to a lack of breast milk production. Breastfeeding education is an effort that needs to be done to prevent and overcome breastfeeding failure. During the COVID-19 pandemic, education for pregnant and postpartum women is needed that can be done online. Objectives: The purpose of this study was to determine the effectiveness of the “Edu-ASI” package on the adequacy of breastfeeding and increasing infant weight in Bengkulu City. Methods:This study uses a quasi-experimental design with a post-test design with a control | en_US |
dc.subject | paket edu-asi | en_US |
dc.subject | kecukupan asi | en_US |
dc.subject | berat badan bayi | en_US |
dc.title | The influence of education packages on adequacy of breast milk and baby weight gains during the covid-19 pandemic | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | 3. JNKI (Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia) |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
document (6).pdf | 321.43 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.