Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2537
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Samutri, Erni | - |
dc.contributor.author | Endriyani, Lia | - |
dc.date.accessioned | 2022-08-10T07:48:00Z | - |
dc.date.available | 2022-08-10T07:48:00Z | - |
dc.date.issued | 2021-03 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2537 | - |
dc.description.abstract | Education of fetal movement counting: an effort to increase knowledge and compliance of pregnant women to do self-assessment of fetal wellbeing Erni Samutri1*, Lia Endriyani1 1Department of Nursing , Faculty of Health Sciences, Universitas Alma Ata Yogyakarta Jalan Brawijaya No. 99, Tamantirto Yogyakarta *Corresponding author : erni.samutri@almaata.ac.id ABSTRAK Latar Belakang: Penurunan pergerakan janin dapat mengindikasikan penurunan suplai oksigen dan nutrisi pada janin serta meningkatkan risiko janin terganggu, bahkan lahir mati. Pemberian informasi yang akurat mengenai pergerakan janin akan membantu ibu dalam mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi penurunan pergerakan janin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan menghitung gerakan janin terhadap pengetahuan dan kepatuhan ibu hamil dalam melakukan penghitungan gerak janin. Metode: Penelitian pra-eksperimental ini mengalokasikan 32 ibu hamil pada usia kehamilan 28-37 minggu untuk berlatih menghitung gerakan janin harian selama 3 minggu. Intervensi berupa paket edukasi dan praktek menghitung gerakan janin selama 3 minggu. Pengetahuan tentang menghitung gerakan janin diukur 4 kali dengan kuesioner yang divalidasi dan kepatuhan diukur di akhir intervensi. Uji Friedman digunakan untuk menganalisis perubahan pengetahuan ibu tentang menghitung gerak janin. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan ibu tentang gerakan janin terhitung dari 52.94% menjadi 86.10% pada akhir intervensi, dengan skor tertinggi pada teknik menghitung gerak janin (93.67%). Perbandingan 4 periode pengukuran menunjukkan perubahan signifikan pada pengetahuan (p <0,000), dengan kecenderungan peningkatan pengetahuan. Kepatuhan dalam menghitung gerakan janin cukup tinggi yaitu sekitar 96%. Kesimpulan: Pendidikan menghitung gerak janin akan meningkatkan pengetahuan tentang gerak janin. Memberikan pendidikan yang sesuai dan tindak lanjut yang berkelanjutan akan meningkatkan kesadaran wanita tentang pentingnya pemantauan gerakan janin dan meningkatkan kepatuhan mereka untuk melakukannya. KATA KUNCI : hitung gerak janin; pendidikan gerak janin; pengetahuan; kepatuhan | en_US |
dc.subject | hitung gerak janin | en_US |
dc.subject | pendidikan gerak janin | en_US |
dc.subject | pengetahuan | en_US |
dc.subject | kepatuhan | en_US |
dc.title | Education of fetal movement counting: an effort to increase knowledge and compliance of pregnant women to do self-assessment of fetal wellbeing | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | 3. JNKI (Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia) |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
document (9).pdf | 249.27 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.