Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2473
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorArum Dewi Satiti, Ika-
dc.contributor.authorAmalia, Waifti-
dc.date.accessioned2022-08-10T04:37:16Z-
dc.date.available2022-08-10T04:37:16Z-
dc.date.issued2020-12-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2473-
dc.description.abstractImplementation of Second Step Learning (SSL) as Psychosocial Stimulation of 7-12 Years Old Children with Neglectful Parents Ika Arum Dewi Satiti1, Waifti Amalia2 1Departement of Nursing STIKES Widyagama Husada 2Study Program D3 Kebidanan, STIKES Widyagama Husada Jalan Taman Borobudur Indah 3A Malang Email : waiftiamalia@gmail.com Abstrak Pola asuh orang tua merupakan komponen penting dalam perkembangan soasial emosional anak . Anak yang memiliki orang tua dengan tipe pola asuh neglectful cenderung amat agresif atau amat pasif dan menyendiri sehingga beresiko tertinggi terlibat berbagai kesulitan. Stimulasi yang tepat perlu diberikan pada anak-anak dalam kondisi ini untuk memperbaiki emosi dan keterlibatan sosial. Second step Learning (SSL) merupakan metode stimulasi perkembangan social emosional yang digunakan untuk melatih keterampilan empati, manajemen emosi, pemecahan kasus dan bersosialisasi. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode SSL sebagai stimulasi psikososial anak usia 7-12 tahun dengan neglectful parents di SDN Bendosari 2 Pujon,Kabupaten Malang. Metode penelitan yang digunakan adalah quasy eksperiment dengan analisa data uji dependent T Test untuk melihat perubahan perkembangan psikosial anak sebelum dan sesudah implementasi SSL. Implementasi dilakukan tehadap 50 anak dengan orang tua yang mempunyai pola asuh tipe neglectful. Metode SSL dilakukan dengan 4 langkah yakni pemaparan materi, diskusi kasus, aktivitas dengan kelompok dan aktivitas dengan orang tua. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya perubahan yang signifikan dari rata-rata nilai social emosional anak sebelum stimulasi SSL (80,5 ± 11,7) dan setelah stimulasi SSL (90,1± 11,) dengan P value 0.000. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa stimulasi second step learning (SSL) efektif dalam memperbaiki social emosinal anak usia 7-12 tahun dengan neglectful parents di SDN Bendosari 2 Pujon, Kabupaten Malang. Kata Kunci : ssl; sosial emosional; anak usia 7-12 tahunen_US
dc.subjectsslen_US
dc.subjectsosial emosionalen_US
dc.subjectanak usia 7-12 tahunen_US
dc.titleImplementation of Second Step Learning (SSL) as Psychosocial Stimulation of 7-12 Years Old Children with Neglectful Parentsen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:3. JNKI (Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
document (2).pdf278.75 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.