Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2337
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorEndriyani, Lia-
dc.contributor.authorKumalawati Santoso, Nindita-
dc.date.accessioned2022-08-09T11:12:44Z-
dc.date.available2022-08-09T11:12:44Z-
dc.date.issued2020-03-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2337-
dc.description.abstractThe Influence of Identification and Intervention of School Bullying on Perception of Middle School Counseling Teacher on Dealing Bullying Lia Endriyani, Nindita Kumalawati Santoso Program of Nursing Science, Universitas Alma Ata, Jl. Brawijaya No.99 Yogyakarta Email: lia@almaata.ac.id Abstrak Perilaku bullying merupakan masalah serius yang dapat mempengaruhi perkembangan mental dan psikososial pada remaja baik pelaku maupun korban bullying. School bullying terjadi pada anak usia sekolah pada saat proses belajar atau setelah jam pelajaran berakhir. Karena bullying terjadi di lingkungan sekolah, guru bimbingan dan konseling merupakan salah satu kunci usaha sekolah dalam mencegah dan menangai bullying. Guru BK juga mempunyai peran dan tanggungjawab untuk menangani masalah bullying. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi Guru Bimbingan Konseling (BK) dalam penanganan bullying sebelum dan setelah dilakukan pemberian informasi identifikasi dan intervensi school bullying. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan one group pretest-posttest. Sampling menggunakan purposive sampling dengan 16 guru BK SMP di kecamatan Kasihan dan Pajangan yang bersedia menjadi responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner modifikasi Perceptions of bullying Questionnaire dan kuesioner The Handling bullying Questionnaire. Analisis data dengan Paired T-Test. Karakteristik responden mayoritas berusia diatas 46 tahun.Pendidikan terakhir adalah lulusan S1 pendidikan atau pendidikan konseling. Sementara pengalaman menjadi guru BK lebih dari 10 tahun. Persepsi guru BK tentang kemampuan diri dalam mengidentifikasi pelaku maupun korban mayoritas merasa cukup mampu. Metode penanganan yang digunakan oleh guru BK dalam menangani pelaku mayoritas melibatkan siswa dan orang tua. Sementara metode yang dipilih untuk penanganan korban bullying adalah melibatkan siswa, orang tua dan pihak sekolah. Terdapat perbedaan persepsi guru BK dalam penanganan bullying sebelum dan sesudah pemberian informasi identifikasi dan intervensi school bullying (p value=0.032). Pemberian informasi dapat memberi efek positif terhadap persepsi guru BK dalam menangani bullying. Kata Kunci: school bullying, bimbingan konseling, guru bimbingan konselingen_US
dc.subjectschool bullyingen_US
dc.subjectbimbingan konselingen_US
dc.subjectguru bimbingan konselingen_US
dc.titleThe Influence of Identification and Intervention of School Bullying on Perception of Middle School Counseling Teacher on Dealing Bullyingen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:3. JNKI (Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
document.pdf257.13 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.