Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/180
Title: PENGARUH DIABETES SELF MANAGEMENT EDUCATION (DSME) TERHADAP SELF EFFICACYPASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATUNADUA KOTA PADANGSIDIMPUAN
Authors: Hasibuan, Julita
Keywords: Diabetes Self Management Education
Self Efficcay
, Diabetes Melitus
Issue Date: 3-Sep-2021
Abstract: Pengaruh Diabetes Self Management Education TerhadapSelf Efficacy Pasien DM Tipe 2 Di Wilayah Kerja Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan Abstrak Diabetes Melitus (DM) adalah salah satu penyakit kronik yang memerlukan penanganan serius melibatkan penderita dalam penatalaksanaan perawatan mandiri, salah satunya melalui pendekatan Diabetes Self Management Education (DSME).DSME adalah proses untuk memfasilitasi ilmu pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam perawatan mandiri diabetes. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Diabetes Self Management Education terhadap Self Efficacy pasien DM tipe 2. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan two group pre test - post test design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 23 orang pada kelompok eksperimen mendapatkan DSME sebanyak 4 sesi dalam satu bulan dan kelompok kontrol tanpa pemberian intervensi. Instrumen yang digunakan menggunakan Diabetes Management Self-Efficacy. Analisis data menggunakan uji t berpasangan (pair t test) dengan CI 95 %. Hasil penelitian menunjukkan nilai p = 0,000 (p < α; α = 0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah DSME berpengaruh terhadap self-efficacy pasien DM tipe 2. Disarankan petugas kesehatan dapat memberikan DSME untuk meningkatkan self-efficacy pasien diabetes dan menggunakan DSME sebagai program promosi kesehatan. Kata kunci :Diabetes Self Management Education, Self Efficcay, Diabetes Melitus
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/180
Appears in Collections:2021

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HANY JULITA HASIBUAN.pdf3.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.