Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/179
Title: | EFEKTIFITAS EDUKASI STRATEGI PELAKSANAAN KELUARGA DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA YANG MENDERITA HALUSINASI DI PUSKESMAS PADANGMATINGGI DI KOTA PADANGSIDIMPUAN |
Authors: | SAHARA, HAFNA |
Keywords: | Edukasi strategi pelaksanaan keluarga halusinasi |
Issue Date: | 5-Sep-2021 |
Abstract: | Abstrak Edukasi strategi pelaksanaan keluarga adalah suatu cara memberikan pengetahuan berupa pendidikan kesehatan tentang cara mengontrol halusinasi kepada keluarga pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh efektifitas antara edukasi pelaksanaan keluarga dalam merawat anggota keluarga yang menderita halusinasi. Metode penelitian adalah kuantitatif kuasi eksperimen dengan desain one group pretest dan posttest. Penelitian ini dilakukan di puskesmas padangmatinggi di kota padangsidimpuan terhadap 28 anggota keluarga yang merawat anggota keluarga dengan halusinasi. Analisa data yang digunakan non parametrictest dan uji mann whitney untuk uji beda 2 kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan edukasi strategi pelaksanaan keluarga dapat diketahui bahwa kurangnya kemampuan keluarga dalam merawat anggota keluarga yang menderita halusinasi, dan sesudah diberikan edukasi didapat sebagian besar responden memiliki kemampuan dalam merawat anggota keluarga yang menderita halusinasi dengan diperoleh nilai 0,000<0,05. Hasil penelitian ini merekomendasikan pemberian edukasi strategi pelaksanaan keluarga untuk dijadikan salah satu intervensi keperawatan pada keluarga dalam merawat anggota keluarga yang menderita halusinasi. Kata kunci: Edukasi strategi pelaksanaan, keluarga, halusinasi Daftar pustaka : 41 (1998- 2018) |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/179 |
Appears in Collections: | 2021 |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
HAFNA SAHARA.pdf | 3.27 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.