Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/178
Title: | PENYUSUNAN SKRIPSI MAHASISWA PADA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS AUFA ROYHAN DI KOTA PADANGSDIMPUAN |
Authors: | YUSNIATI, YANI |
Keywords: | Bimbingan dimasa pandemi daring ,pengalaman skripsi |
Issue Date: | 5-Aug-2021 |
Abstract: | Pengalaman Dosen Dalam Memberikan Bimbingan Penyusunan Skripsi Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19 Di Universitas Aufa Royhan Di Kota Padangsidimpuan Pandemi covid-19 terjadi hampir diseluruh dunia menyebabkan kegiatan yang melibatkan banyak orang harus dihindari, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar salah satunya yaitu proses bimbingan penyusunan skripsi. Di Indonesia sejak bulan Maret 2020, proses bimbingan penyusunan skripsi di perguruan tinggi telah berubah menjadi bimbingan daring/jarak jauh. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran covid-19. Bimbingan dimasa covid-19 yang dilakukan dosen dan mahasiswa menimbulkan beberapa kendala antara lain komunikasi tidak efektif, mahasiswa kurang menguasai teknologi (gaptek), mahasiswa kurang responsif sehingga hal tersebut menyebabkan bimbingan daring tidak efektif dan efesien untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengalaman dosen dalam memberikan bimbimbing penyusunan skripsi pada pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studifenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Aufa Royhan di Kota Padangsidimpuan dengan partisipan dosen pembimbing skripsi dengan jumlah 5 partisipan. Pengambilan data dengan melakukan wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi.Hasil penelitiandidapatkan 5 temayaituTema 1:Hambatanbimbingandimasapandemi Covid-19, Tema 2 :Strategidosenpembimbing, Tema 3 : Psikologis yang dialami dosen pembimbing, Tema 4 : Ketercapaian bimbingan dimasa pandemi Covid-19, Tema 5 : Harapan dosen pembimbing. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman dosen dalam memberikan bimbingan penyusunan skripsi mahasiswa dimasa pandemi covid-19 dikategorikan menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan dengan tingkat keberhasilan bimbingan yang tidak memuaskan yaitu sekitar 70-80%.Peneliti menyarankan kepada seluruh mahasiswa agar mampu mengikuti dan mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi khususnya dalam pembelajaran. Kata kunci : Bimbingan dimasa pandemi, daring, pengalaman, skripsi |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/178 |
Appears in Collections: | 2021 |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FEBRI YANI YUSNIATI.pdf | 2 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.